Rabu, 21 Agustus 2019 04:24

​Drummer Ruang Band Lolos ke Parlemen

Minggu, 28 April 2019 18:10 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
​Drummer Ruang Band Lolos ke Parlemen
Rizki Pancasilawan, S.H., Kader PDI Perjuangan. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemilu 2019 ini diwarnai banyaknya calon anggota legislatif (caleg) dari kalangan artis dan musisi. Satu di antaranya, Rizki Pancasilawan. Rizki adalah Drummer Ruang Band yang cukup dikenal di Jawa Timur.

Penggebuk drum itu dipastikan lolos ke parlemen setelah meraih suara terbanyak di daerah pemilihan (dapil) III Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto. Rizki meraih 1578 suara di Dapil III atau caleg PDI Perjuangan dengan suara tertinggi. Alhasil, ia berhak mendapatkan satu kursi DPRD Kota Mojokerto.

“Alhamdulillah, Mas. Ikhtiar saya membuahkan hasil. Saya ini representasi suara milenial. Insya Allah bisa amanah sebagai wakil rakyat,” tutur Rizki kepada BANGSAONLINE.com di Surabaya, Minggu (28/4).

Meski berlatar belakang musisi yang telah menghasilkan sejumlah single, seperti musim cinta (2008) dan Mati Rasa (2012), namun bukan berarti Rizki tidak punya modal masuk dunia politik. Alumni Fakultas Hukum Universitas Airlangga (Unair) berusia 31 tahun ini adalah aktivis mahasiswa. Rizki aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) saat masih di bangku kuliah. Bahkan hingga saat ini juga masih aktif di KAHMI Jatim.

Uniknya, Rizki saat ini menjabat Ketua DPC Taruna Merah Putih (TMP) Kabupaten Bojonegoro. TMP adalah sayap politik PDI Perjuangan yang mewadahi pelajar dan pemuda yang masuk kategori milenial. Namun, sebagai kader ia mengaku harus siap ditugaskan di mana saja. Termasuk tugas maju sebagai caleg di Kota Mojokerto, bukan Kabupaten Bojonegoro yang lebih ia kenal.

“Sebagai kader partai saya harus siap di tempatkan di mana saja. Termasuk perintah maju caleg di Kota Mojokerto,” tegas mantan Koordinator Pendamping Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Bojonegoro tersebut.

Kontestasi pemilihan calon anggota parlemen pada Pemilu 2019 ini, baik tingkat nasional, provinsi maupun Kabupaten/Kota diwarnai dengan masuknya caleg milenial. Fenomena caleg milenial ini mendapat atensi khusus dari pengamat politik UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, Ahmad Khubbi Ali Rohman.

Akademisi yang akrab disapa Boby itu menilai caleg milenial yang usianya relatif muda dibanding caleg senior mempunyai keunggulan sehingga mereka punya potensi bersaing dengan caleg senior yang beberapa adalah incumbent.

"Caleg milenial punya potensi bersaing dengan caleg senior yang merupakan politisi berpengalaman. Apalagi isu milenial sedang menguat saat ini," urai Boby. (mdr/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...