Banyak Petugas Meninggal, KPU Minta Bantuan Salat Gaib dan Doa ke Gereja

Banyak Petugas Meninggal, KPU Minta Bantuan Salat Gaib dan Doa ke Gereja Saiful Amin (tengah) dan komisioner KPU Kota Mojokerto. foto: YUDI EP/ BANGSAONLINE

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Seratus lebih petugas meninggal dunia dalam perhelatan pesta demokrasi kali ini. Karenanya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mojokerto meminta bantuan doa ke setiap masjid dan gereja. 

Permohonan tersebut disampaikan melalui surat kepada Takmir Masjid dan Pengurus Gereja. Lembaga penyelenggara pemilu ini meminta agar umat muslim menggelar Salat Gaib dan Doa Kebaktian bagi para petugas yang telah meninggal maupun sedang sakit. Surat itu dikirim ke masing-masing Takmir Masjid dan Pengurus Gereja, Kamis (25/4).

Menurut Ketua , Saiful Amin, merupakan hajat nasional, demi kepentingan bangsa dan negara. Karena itu, kata Amin, duka keluarga Petugas Pemilu dari unsur Linmas, KPPS, PPS, PPK, hingga Kepolisian, merupakan duka cita bersama, seluruh warga bangsa Indonesia.

“Tidak hanya ke Takmir Masjid saja, kami juga meminta bantuan doa dari pihak gereja, agar mendoakan semua Petugas Pemilu yang telah meninggal, termasuk yang sedang sakit, agar diberi kesembuhan oleh Allah, Tuhan Yang Maha Pemurah,” kata Amin.

Surat itu sengaja dikirim hari ini, dengan tujuan saat Salat Jumat maupun saat Doa Kebaktian yang digelar Sabtu atau Minggu, umat Islam maupun umat Kristiani bisa melakukan salat dan doa kebaktian, tanpa dimobilisasi pihak masjid dan gereja. “Salat atau doa kebaktian bisa disisipkan, sebelum atau sesudah salat atau kebaktian,” harap Amin.

Amin berharap bantuan Salat Gaib dan Doa Kebaktian itu menjadi salah satu wujud solidaritas nasional yang saat ini sedang diuji selama tahapan . Solidaritas ini diperlukan untuk merekatkan ikatan kebangsaan dan nasionalisme setiap warga bangsa-negara Indonesia.

“Jangan karena Pemilu, solidaritas nasional ini hilang,” harap Amin.

Di Kota Mojokerto sendiri, seorang petugas Linmas bernama Ismani (55), warga Lingkungan Pekuncen Gang 3, Kelurahan Surodinawan, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, telah meninggal saat mengantarkan kotak suara dari TPS 03 ke Kelurahan Surodinawan. Ismani sempat dibawa ke RSUD Dr Wahidin Sudiro Husodo, Kota Mojokerto, tepat di depan kantor Kelurahan Surodinawan. Namun Ismani sudah dinyatakan meninggal.

Selain bantuan salat dan doa, juga sudah mengirim data seorang petugas Linmas yang meninggal, dan dua orang Petugas KPPS yang sedang sakit dan dirawat di RS ke KPU RI.

“Kami tidak bisa membantu keluarga yang meninggal maupun sakit. Tapi KPU RI saat ini sedang mengupayakan ada santunan. Kita doakan saja keluarga tetap tabah, dan santunan terealisasi,” kata Amin. (yep/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO