Kamis, 22 Agustus 2019 21:26

Banyak Petugas Meninggal, KPU Minta Bantuan Salat Gaib dan Doa ke Gereja

Kamis, 25 April 2019 15:57 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Eko Purnomo
Banyak Petugas Meninggal, KPU Minta Bantuan Salat Gaib dan Doa ke Gereja
Saiful Amin (tengah) dan komisioner KPU Kota Mojokerto. foto: YUDI EP/ BANGSAONLINE

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Seratus lebih petugas Pemilu 2019 meninggal dunia dalam perhelatan pesta demokrasi kali ini. Karenanya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mojokerto meminta bantuan doa ke setiap masjid dan gereja. 

Permohonan tersebut disampaikan melalui surat kepada Takmir Masjid dan Pengurus Gereja. Lembaga penyelenggara pemilu ini meminta agar umat muslim menggelar Salat Gaib dan Doa Kebaktian bagi para petugas Pemilu 2019 yang telah meninggal maupun sedang sakit. Surat itu dikirim ke masing-masing Takmir Masjid dan Pengurus Gereja, Kamis (25/4).

Menurut Ketua KPU Kota Mojokerto, Saiful Amin, Pemilu 2019 merupakan hajat nasional, demi kepentingan bangsa dan negara. Karena itu, kata Amin, duka keluarga Petugas Pemilu dari unsur Linmas, KPPS, PPS, PPK, hingga Kepolisian, merupakan duka cita bersama, seluruh warga bangsa Indonesia.

“Tidak hanya ke Takmir Masjid saja, kami juga meminta bantuan doa dari pihak gereja, agar mendoakan semua Petugas Pemilu yang telah meninggal, termasuk yang sedang sakit, agar diberi kesembuhan oleh Allah, Tuhan Yang Maha Pemurah,” kata Amin.

Surat itu sengaja dikirim hari ini, dengan tujuan saat Salat Jumat maupun saat Doa Kebaktian yang digelar Sabtu atau Minggu, umat Islam maupun umat Kristiani bisa melakukan salat dan doa kebaktian, tanpa dimobilisasi pihak masjid dan gereja. “Salat atau doa kebaktian bisa disisipkan, sebelum atau sesudah salat atau kebaktian,” harap Amin.

Amin berharap bantuan Salat Gaib dan Doa Kebaktian itu menjadi salah satu wujud solidaritas nasional yang saat ini sedang diuji selama tahapan Pemilu 2019. Solidaritas ini diperlukan untuk merekatkan ikatan kebangsaan dan nasionalisme setiap warga bangsa-negara Indonesia.

“Jangan karena Pemilu, solidaritas nasional ini hilang,” harap Amin.

Di Kota Mojokerto sendiri, seorang petugas Linmas bernama Ismani (55), warga Lingkungan Pekuncen Gang 3, Kelurahan Surodinawan, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, telah meninggal saat mengantarkan kotak suara dari TPS 03 ke Kelurahan Surodinawan. Ismani sempat dibawa ke RSUD Dr Wahidin Sudiro Husodo, Kota Mojokerto, tepat di depan kantor Kelurahan Surodinawan. Namun Ismani sudah dinyatakan meninggal.

Selain bantuan salat dan doa, KPU Kota Mojokerto juga sudah mengirim data seorang petugas Linmas yang meninggal, dan dua orang Petugas KPPS yang sedang sakit dan dirawat di RS ke KPU RI.

“Kami tidak bisa membantu keluarga yang meninggal maupun sakit. Tapi KPU RI saat ini sedang mengupayakan ada santunan. Kita doakan saja keluarga tetap tabah, dan santunan terealisasi,” kata Amin. (yep/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Rabu, 21 Agustus 2019 17:27 WIB
BANGSAONLINE.com - Destinasi wisata di Indonesia tidak hanya Bali, Lombok, ataupun Jogjakarta. Masih banyak destinasi wisata lain dengan panorama yang tidak kalah indah, salah satunya adalah Lampung. Letaknya yang berada di ujung Pulau Sumate...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...