​Wagub Emil: PKK akan Menjadi Shadow Government

​Wagub Emil: PKK akan Menjadi Shadow Government Wagub Jatim, Emil Dardak membuka Rapat Koordinasi Tim Penggerak PKK Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Jawa Timur Tahun 2019 di Hotel Utami, Sidoarjo. foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak kembali menegaskan bahwa Tim Penggerak (TP) PKK akan menjadi shadow government atau pemerintah bayangan. Hal ini ditunjang oleh besarnya jaringan yang dimiliki hingga ke tingkat dasawisma serta peran pentingnya dalam peningkatan kualitas SDM di berbagai bidang.

“PKK dengan jaringan dan semangat gotong royongnya akan melengkapi tindakan pemerintah untuk membawa dampak nyata pada pembangunan di Jatim,” terang Emil sapaan akrab saat membuka Rapat Koordinasi Tim Penggerak PKK Provinsi dan Kabupaten/Kota se Jawa Timur Tahun 2019 di Hotel Utami, Sidoarjo, Rabu (24/4).

Wagub Emil menjelaskan, PKK pada hakikatnya adalah organisasi yang bisa menggerakkan masyarakat. "Tindakan pemerintah tanpa gerakan masyarakat hanya akan menjadi project saja, dan bukan sebuah program. Atau, hanya selesai menjadi output saja dan bukan sebuah outcome," katanya.

“Pendekatan pada kegiatan PKK bukan hanya per project tapi juga pendampingan pada tiap program, sehingga menunjukkan adanya intervensi sosial dari PKK terhadap program pemerintah,” ujar Wagub Emil yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Bupati Trenggalek.

Ditambahkan, salah satu tantangan besar adalah persoalan nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Jatim yang menduduki peringkat ke 15 dari 34 provinsi di Indonesia. Padahal ekonomi Jatim berada pada posisi kedua terbesar di Indonesia. Selain itu, berdasarkan data yang ada, rata-rata angkatan kerja di Jatim lulusan SD atau maksimal SMP.

“Kemiskinan di Jatim juga masih tinggi serta masih tingginya angka stunting di beberapa wilayah di Jatim,” ungkap Wagub Emil sembari menambahkan bahwa PKK merupakan organisasi yang bisa membantu Jatim untuk lepas dari permasalahan ini.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO