Senin, 22 Juli 2019 07:25

​Wagub Emil: PKK akan Menjadi Shadow Government

Rabu, 24 April 2019 23:28 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
​Wagub Emil: PKK akan Menjadi Shadow Government
Wagub Jatim, Emil Dardak membuka Rapat Koordinasi Tim Penggerak PKK Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Jawa Timur Tahun 2019 di Hotel Utami, Sidoarjo. foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak kembali menegaskan bahwa Tim Penggerak (TP) PKK akan menjadi shadow government atau pemerintah bayangan. Hal ini ditunjang oleh besarnya jaringan yang dimiliki hingga ke tingkat dasawisma serta peran pentingnya dalam peningkatan kualitas SDM di berbagai bidang.

“PKK dengan jaringan dan semangat gotong royongnya akan melengkapi tindakan pemerintah untuk membawa dampak nyata pada pembangunan di Jatim,” terang Emil sapaan akrab Wagub Jatim saat membuka Rapat Koordinasi Tim Penggerak PKK Provinsi dan Kabupaten/Kota se Jawa Timur Tahun 2019 di Hotel Utami, Sidoarjo, Rabu (24/4).

Wagub Emil menjelaskan, PKK pada hakikatnya adalah organisasi yang bisa menggerakkan masyarakat. "Tindakan pemerintah tanpa gerakan masyarakat hanya akan menjadi project saja, dan bukan sebuah program. Atau, hanya selesai menjadi output saja dan bukan sebuah outcome," katanya.

“Pendekatan pada kegiatan PKK bukan hanya per project tapi juga pendampingan pada tiap program, sehingga menunjukkan adanya intervensi sosial dari PKK terhadap program pemerintah,” ujar Wagub Emil yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Bupati Trenggalek.

Ditambahkan, salah satu tantangan besar adalah persoalan nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Jatim yang menduduki peringkat ke 15 dari 34 provinsi di Indonesia. Padahal ekonomi Jatim berada pada posisi kedua terbesar di Indonesia. Selain itu, berdasarkan data yang ada, rata-rata angkatan kerja di Jatim lulusan SD atau maksimal SMP.

“Kemiskinan di Jatim juga masih tinggi serta masih tingginya angka stunting di beberapa wilayah di Jatim,” ungkap Wagub Emil sembari menambahkan bahwa PKK merupakan organisasi yang bisa membantu Jatim untuk lepas dari permasalahan ini.

Wagub Emil berharap, PKK mampu menjalin koordinasi dan kemitraan secara harmonis dengan pemerintah daerah, utamanya dengan OPD agar dapat tersinergi kegiatannya. Apalagi, dengan adanya Peraturan Presiden (Perpres) No. 99 tahun 2017 bisa memberi peluang pada PKK untuk mengintegrasikan programnya dengan pemerintah.

“Melalui Perpres 99 Tahun 2017 diharapkan semua kader PKK hingga ke level dasawisma bisa melakukan koordinasi yang lebih strategis dan komprehensif,” ungkapnya.

Selain itu, TP-PKK di masing-masing desa diharapkan ikut berperan aktif dalam mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembanguna Desa (Musrenbangdes) terutama dalam menyusun APBD Desa. TP-PKK dapat memanfaatkan dana desa untuk membiayai 10 Program Pokok PKK.

“Sinergitas PKK dengan penggunaan dana desa sangat diperlukan agar bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat desa,” terang Wagub Emil.

Di akhir sambutannya, Wagub Emil menyampaikan bahwa pihaknya bersama Ibu Gubernur Jatim akan lebih sering turun agar bisa lebih dekat dengan bupati/walikota serta ketua TP PKK se Jatim.

“Kami harapkan konsolidasi dengan bupati/walikota beserta ketua TP PKK nya bisa semakin kompak, sehingga bisa menjawab tantangan Jatim ke depannya,” pungkasnya. (mdr/ian)

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...