​Pasca Pemilu, Harga Kebutuhan Bahan Pokok di Tuban Merangkak Naik

​Pasca Pemilu, Harga Kebutuhan Bahan Pokok di Tuban Merangkak Naik Salah satu pedagang di Pasar Baru Tuban sedang menunggu pembeli.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Momen Pemilu 2019 kemarin ternyata mempengaruhi harga kebutuhan bahan pokok di pasar yang ada di Kabupaten Tuban. Sejumlah kebutuhan pokok terpantau naik, Jum'at (19/4). Meliputi, bawang merah, bawang putih, cabai, tomat dan daging ayam.

Rumiyati (45), salah satu pedagang kebutuhan bahan pokok di Pasar Baru Tuban membenarkan, bahwa naiknya harga kebutuhan pokok ini terjadi selama dua hari sejak Pemilu. "Semakin naik ya setelah pemilu ini," kata dia.

Ia menduga, kenaikan harga itu dikarenakan distribusi yang terlambat lantaran masyarakat sibuk melakukan pencoblosan. Selain itu, menurutnya, kenaikan harga kebutuhan pokok juga berimbas pada sepinya pembeli di pasar.

Bahkan, sudah dua hari ini jumlah pembeli yang berkunjung ke Pasar Baru Tuban tidak seberapa. "Kondisi saat ini pasar masih sepi mas," paparnya.

Kenaikan paling menonjol terjadi pada cabe dan bawang. Namun, sebelum pemilihan memang dua komoditi tersebut sudah mengalami kenaikan harga.

Untuk bawang putih dari Rp 20 ribu per kilogram, sekarang menjadi Rp 46 ribu per kilogramnya, bawang merah semula Rp 15 ribu sekarang menjadi Rp 37 per kilogram. Kemudian, cabe merah dari Rp 12 hingga Rp 13 ribu menjadi Rp 22 ribu per kilogram. Sedangkan, untuk telur ayam dari Rp 21 ribu menjadi Rp 23 per kilogramnya.

"Rata-rata merangkak naik mas harganya dan gak tauh kapan turun lagi," terangnya.

Terpisah, salah satu pedagang daging ayam Sulastri menerangkan hal yang sama. Semula daging ayam dijual antara Rp 32 ribu per kilogram untuk ayam potong, dan daging ayam keras Rp 38 ribu.

"Meski harga kebutuhan pokok naik, namun, untuk beras tidak mengalami kenaikan. Harganya kisaran antara Rp 8 ribu hingga Rp 10 ribu per kilogram," tuturnya. (gun/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO