Bupati Tuban Resmikan Layanan Kopas RSUD Dr. Koesma, Obat Pasien Bisa Diantar ke Rumah

Bupati Tuban Resmikan Layanan Kopas RSUD Dr. Koesma, Obat Pasien Bisa Diantar ke Rumah Bupati Tuban Fathul Huda memakaikan jaket kepada kurir RSUD Dr. Koesma yang akan bertugas mengantar obat.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Bupati Tuban H. Fathul Huda meresmikan Entrance sekaligus melaunching Inovasi Kopas (Kurir Obat Pasien) yang dikembangkan RSUD Dr Koesma Tuban di halaman rumah sakit setempat, Selasa (9/4/2019). Kegiatan tersebut dirangkai dengan Peringatan Isra Miraj 1440 H, juga diisi dengan santunan yatim piatu.

Bupati Tuban, H. Fathul Huda menyampaikan apresiasi kepada Direktur RSUD dan jajarannya atas berbagai inovasi yang tiap tahun dikembangkan. Menurutnya, hal ini menjadi suatu hal positif, khususnya bagi OPD lainnya agar turut termotivasi berinovasi. "Kami instruksikan juga agar semua OPD, termasuk Puskesmas, harus mengembangkan inovasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat," ujarnya.

Ia berharap inovasi ini terus dikembangkan sehingga memberikan output yang konkret dalam menjawab kebutuhan masyarakat. Di samping, mengembangkan infrastruktur, termasuk penambahan alat medis canggih dan berkualitas. "Namun, pengembangan infrastruktur tersebut, juga harus diimbangi dengan peningkatan kualitas SDM,” tegasnya.

Sementara pada momen peringatan Isra Miraj, Bupati menekankan pentingnya peranan ibu dalam membangun karakter anak-anaknya. Menurutnya, kesuksesan pembangunan masyarakat dan peningkatan kesehatan sangat bergantung pada kesehatan ibu dan anak.  “Oleh karena itu, seorang ibu harus sabar dan cerdas,” seru Bupati.

Sementara itu, Direktur RSUD Koesma Tuban dr. Saiful Hadi, menjelaskan bahwa layanan Kopas dapat dimanfaatkan pasien RSUD yang merasa keberatan untuk menunggu antrean obat. “Jadi pasien dapat langsung pulang dan obatnya akan dikirimkan ke rumah,” jelasnya. 

Dalam kesempatan itu, Saiful Hadi juga menerangkan, pada 2018 RSUD Koesma Tuban memperoleh nilai 82,89 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) terkait pelayanan dan inovasi publik di bidang kesehatan. Hal ini menjadi motivasi bagi rumah sakit untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik.

"RSUD Koesma Tuban menerapkan 3 prinsip utama. Prinsip tersebut meliputi: pertama toleransi, yaitu memberikan pelayanan tanpa diskriminasi; tanpa membedakan pasien BPJS-Non BPJS; kaya maupun kurang mampu. Kedua, modernisasi, yaitu mengedepankan musyawarah dalam pengambilan kebijakan dengan mengedepankan transparasi dan akuntabel. Ketiga, keseimbangan, yaitu pembangunan RSUD harus berimbang dan didesain sedemikian rupa agar masyarakat ketika datang merasakan suasana sejuk. Selain itu, kami juga melakukan bimbingan rohani bagi pegawai dan pasien dan keluarga pasien,” pungkasnya. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO