Jumat, 23 Agustus 2019 17:02

Isak Tangis Petani Sambut Kampanye Putra Bungsu Bung Karno di Lereng Kelud

Minggu, 07 April 2019 16:27 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Arif Kurniawan
Isak Tangis Petani Sambut Kampanye Putra Bungsu Bung Karno di Lereng Kelud
Guruh Soekarnoputra saat memberikan sambutannya ke warga di Desa Asmorobangun, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri. Foto: ARIF KURNIAWAN/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com – Ratusan warga di Desa Asmorobangun, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri didatangi putra bungsu Sang Proklamator Republik Indonesia, Guruh Soekarnoputra, kemarin (Sabtu, 6/4) sore.

Kedatangan Guruh dalam rangka kampanye ini pun disambut isak tangis salah satu petani hutan setempat, lantaran dianggap telah berjasa memperjuangkan nasib mereka.

Seperti diungkapkan Ketua Perkumpulan Kelompok Tani Hutan (PKTH) Danar Kelud, Budiono mengatakan, Guruh Soekarnoputra merupakan salah satu tokoh yang selama ini membantu para petani hutan, terutama dalam mengurus IPHPS (Izin Pengelolaan Hutan Perhutanan Sosial). 

“Mas Guruh telah memberikan jasa yang luar biasa kepada kami terkait pengajuan IPHPS, hingga pada tanggal 26 Maret kemarin sudah sampai pada tahap verifikasi objek,” kata Budiono.

Budiono mengaku, jasa serta bantuan yang telah diberikan oleh Guruh Soekarnoputra merupakan sesuatu yang tak terhingga nilainya. Ia pun berharap agar pada kontestasi Pemilu 17 April mendatang, putra sulung Bung Karno yang juga merupakan Calon Legislatif (Caleg) DPR RI dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Dapil Jatim 6 nomor urut 2 tersebut, bisa kembali menang.

“Tidak bisa dibayangkan, jasa-jasa yang luar biasa dari Mas Guruh untuk kami,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Edy Santoso, yang merupakan salah satu pendamping sekaligus penggerak aspirasi warga di Kecamatan Kepung, Puncu, dan Kandangan mengatakan, memperjuangkan IPHPS para petani hutan merupakan langkah penting. Sebab, kehidupan serta kesejahteraan mereka selama ini bergantung pada hutan.

“Kita semua tahu bahwa para petani hutan, khususnya di wilayah lereng Gunung Kelud ini menggantungkan hidupnya pada hutan. Dengan adanya peraturan yang dibuat oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait IPHS, maka sudah tugas kami untuk membantu mereka. Tujuannya, adalah demi kedaulatan pangan,” kata Edy Santoso yang tahun ini juga maju sebagai Caleg DPRD Kabupaten Kediri dari PDIP untuk dapil 3 (Kepung, Puncu, Kandangan) dengan nomor urut 3 ini.

Dalam sambutannya, Guruh Soekarnoputra juga banyak memberikan imbauan kepada ratusan warga yang hadir. Di ataranya untuk selalu mewaspadai berita-berita bohong yang muncul di berbagai media sosial, hingga mengajak semua elemen masyarakat memenangkan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 1, Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin. 

“Saat ini banyak sekali beredar berita-berita hoax, saya menghimbau agar masyarakat lebih jeli dan teliti dalam menerima kabar atau berita,” pesan Guruh. (rif/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Rabu, 21 Agustus 2019 17:27 WIB
BANGSAONLINE.com - Destinasi wisata di Indonesia tidak hanya Bali, Lombok, ataupun Jogjakarta. Masih banyak destinasi wisata lain dengan panorama yang tidak kalah indah, salah satunya adalah Lampung. Letaknya yang berada di ujung Pulau Sumate...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...