​Harga Gabah Anjlok, FKPJ Gelar Hearing dengan DPRD Jember

​Harga Gabah Anjlok, FKPJ Gelar Hearing dengan DPRD Jember

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Forum Komunikasi Petani Jember (FKPJ) meminta kepada Perum Bulog Subdivre XI Jember, mau menyerap semua gabah petani dengan harga yang layak.

Menurut Koordinator FKPJ Jumantoro, saat ini serapan harga gabah kurang layak. Bahkan beberapa waktu lalu, harga gabah sangat rendah serapannya. Sehingga menyebabkan harga gabah lebih rendah dari bekatul (pakan ternak sapi).

Hal itu diungkapkan Jumantoro saat hearing dengan Komisi B DPRD, Kamis (4/4). “Dalam dengar pendapat hari ini, kami juga lakukan aksi menyerahkan nasi tumpeng sebagai bentuk simbol kalau petani penyangga kedaulatan pangan. Hasil pertemuan hari ini, Perum Bulog bersama Perpadi akan menyerap harga gabah kami dengan harga yang layak, dengan pertimbangan rafaksi tertentu,” ungkap Jumantoro.

Dengan adanya kesepakatan tersebut, lanjut Jumantoro, pihaknya menunggu realisasi kesepakatan tersebut. Rencananya, Jumat besok (5/4), akan ada pembicaraan lanjutan dengan Perum Bulog Subdivre XI Jember.

Menanggapi keluhan petani tersebut, saat dikonfirmasi Ketua Komisi B DPRD Jember Bukri mengatakan, persoalan yang dialami petani ini harus segera dicarikan solusinya. Bukri minta untuk urusan seperti ini jangan sampai bertele-tele. “Tidak hanya Bulog, tapi kami juga minta untuk Disperindag ikut berperan memberikan solusi,” tegasnya.

Legislator dari PDI Perjuangan ini juga berharap agar adanya inisiatif untuk mencari peluang pasar di luar daerah.

Kepala Bulog Subdivre 11 Jember Jamaludin mengatakan, terhadap permintaan petani, pihaknya mengaku siap untuk melakukan serapan. Namun tentunya dengan pertimbangan kualitas.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO