Minggu, 20 Oktober 2019 03:52

​Sekdakot Madiun Apresiasi Pengukuhan Pencak Silat Nusantara di HUT Yonif Para Raider 501 BY

Kamis, 04 April 2019 18:05 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Hendro Utomo
​Sekdakot Madiun Apresiasi Pengukuhan Pencak Silat Nusantara di HUT Yonif Para Raider 501 BY
Penampilan atraksi pencak silat di peringatan Hari Jadi Yonif Para Raider 501/BY.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Batalyon Infanteri (Yonif) Lintas Udara Para Raider 501/Bajra Yudha genap berusia 58 tahun. Berbagai kegiatan digelar dalam rangka memperingati hari jadi Yonif Para Raider 501/BY itu, Kamis (4/4). Mulai upacara peringatan HUT, donor darah, pengukuhan Pencak Silat Nusantara sampai pagelaran wayang kulit.

Komandan Yonif Para Raider 501/Bajra Yudha Letkol Infanteri Risa W. P. Setyawan memimpin langsung upacara peringatan HUT ke-58 tersebut. Risa menyebut kemajuan teknologi informasi menjadi tantangan di era globalisasi saat ini. Prajurit dituntut tidak hanya lihai memegang senjata dan berperang. Namun, juga ahli dalam bidang IT. Artinya, tugas semakin kompleks kini.

"Sudah menjadi kewajiban sebagai generasi penerus untuk terus menjaga dan melestarikan jejak perjuangan. TNI wajib menjadi garda terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI," kata Dan Yonif 501/BY saat upacara.

Berbagai prestasi ditorehkan Batalyon Infanteri dengan maskot burung Alap-alap tersebut. Di antaranya, mengamankan perbatasan di wilayah Provinsi Papua tahun lalu. Tugas besar ini, harapannya bisa motivasi dan menjadi acuan untuk memberikan sumbangsih dan darma bakti prajurit satuan Batalyon Infanteri Para Raider 501/BY kepada bangsa dan negara.

"Terakhir pada 2018 dengan kekuatan 450 orang melaksanakan tugas pengamanan perbatasan RI-Papua Nugini di sektor utara. Ini bukan tugas mudah. Prajurit wajib terus meningkatkan kemampuannya untuk tugas-tugas berat seperti itu,’" ungkapnya.

Selalu bekerja dengan hati, prefesional dan bersyukur, setia mengemban tugas dan amanah menjadi motivasi tersendiri bagi prajurit Yonif 501/BY. "Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh prajurit atas tugas yang dilaksanakan," ungkapnya.

Sekretaris Derah Kota Madiun Rusdiyanto mengapresiasi peringatan HUT ke-58 ini. Peringatan cukup istimewa, terutama terkait Pencak Silat Nusantara. Kota Madiun sebagai Kampung Pesilat memiliki 14 Perguruan Pencak Silat yang turut memeriahkan.

"Ada 14 perguruan pencak silat yang ada di Kota Madiun. Senang rasanya melihat semua ikut berpartisipasi," ungkapnya.

Sekda juga mengapresiasi inovasi Danyonif Para Raider 501/BY yang telah membawa Pencak Silat Madiun menjadi seni bela diri militer di batalyonnya. Hal itu tentu, semakin menambah keberagaman pencak silat di Kota Madiun.

"Momentum HUT ke-58 ini tentu wajib dijadikan pelecut semangat untuk meningkatkan profesionalisme prajurit. Sehingga dapat melaksanakan tugas negara menjaga kedaulatan NKRI," pungkasnya. (hen/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...