Senin, 20 Januari 2020 01:23

​Sekdakot Madiun Apresiasi Pengukuhan Pencak Silat Nusantara di HUT Yonif Para Raider 501 BY

Kamis, 04 April 2019 18:05 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Hendro Utomo
​Sekdakot Madiun Apresiasi Pengukuhan Pencak Silat Nusantara di HUT Yonif Para Raider 501 BY
Penampilan atraksi pencak silat di peringatan Hari Jadi Yonif Para Raider 501/BY.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Batalyon Infanteri (Yonif) Lintas Udara Para Raider 501/Bajra Yudha genap berusia 58 tahun. Berbagai kegiatan digelar dalam rangka memperingati hari jadi Yonif Para Raider 501/BY itu, Kamis (4/4). Mulai upacara peringatan HUT, donor darah, pengukuhan Pencak Silat Nusantara sampai pagelaran wayang kulit.

Komandan Yonif Para Raider 501/Bajra Yudha Letkol Infanteri Risa W. P. Setyawan memimpin langsung upacara peringatan HUT ke-58 tersebut. Risa menyebut kemajuan teknologi informasi menjadi tantangan di era globalisasi saat ini. Prajurit dituntut tidak hanya lihai memegang senjata dan berperang. Namun, juga ahli dalam bidang IT. Artinya, tugas semakin kompleks kini.

"Sudah menjadi kewajiban sebagai generasi penerus untuk terus menjaga dan melestarikan jejak perjuangan. TNI wajib menjadi garda terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI," kata Dan Yonif 501/BY saat upacara.

Berbagai prestasi ditorehkan Batalyon Infanteri dengan maskot burung Alap-alap tersebut. Di antaranya, mengamankan perbatasan di wilayah Provinsi Papua tahun lalu. Tugas besar ini, harapannya bisa motivasi dan menjadi acuan untuk memberikan sumbangsih dan darma bakti prajurit satuan Batalyon Infanteri Para Raider 501/BY kepada bangsa dan negara.

"Terakhir pada 2018 dengan kekuatan 450 orang melaksanakan tugas pengamanan perbatasan RI-Papua Nugini di sektor utara. Ini bukan tugas mudah. Prajurit wajib terus meningkatkan kemampuannya untuk tugas-tugas berat seperti itu,’" ungkapnya.

Selalu bekerja dengan hati, prefesional dan bersyukur, setia mengemban tugas dan amanah menjadi motivasi tersendiri bagi prajurit Yonif 501/BY. "Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh prajurit atas tugas yang dilaksanakan," ungkapnya.

Sekretaris Derah Kota Madiun Rusdiyanto mengapresiasi peringatan HUT ke-58 ini. Peringatan cukup istimewa, terutama terkait Pencak Silat Nusantara. Kota Madiun sebagai Kampung Pesilat memiliki 14 Perguruan Pencak Silat yang turut memeriahkan.

"Ada 14 perguruan pencak silat yang ada di Kota Madiun. Senang rasanya melihat semua ikut berpartisipasi," ungkapnya.

Sekda juga mengapresiasi inovasi Danyonif Para Raider 501/BY yang telah membawa Pencak Silat Madiun menjadi seni bela diri militer di batalyonnya. Hal itu tentu, semakin menambah keberagaman pencak silat di Kota Madiun.

"Momentum HUT ke-58 ini tentu wajib dijadikan pelecut semangat untuk meningkatkan profesionalisme prajurit. Sehingga dapat melaksanakan tugas negara menjaga kedaulatan NKRI," pungkasnya. (hen/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 01 Januari 2020 19:47 WIB
BLITAR, BANGSAONLINE.com - Wisata Edukasi Kampung Coklat di Kabupaten Blitar baru-baru ini telah menghadirkan spot instagramable bagi para pengunjung.Lokasi wisata yang terletak di Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar tersebut ...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Sabtu, 18 Januari 2020 12:20 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*79. Wamina allayli fatahajjad bihi naafilatan laka ‘asaa an yab’atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaanDan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan...
Kamis, 16 Januari 2020 12:56 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...