Rabu, 22 Mei 2019 18:47

Rizal Ramli: Saya 100% Yakin Khofifah Bersih

Minggu, 31 Maret 2019 20:25 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Didi Rosadi
Rizal Ramli: Saya 100% Yakin Khofifah Bersih
Dr. Rizal Ramli, Ekonom Senior saat akan mengunjungi Ahmad Dhani di Rutan Medaeng. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Nama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa disebut Romahurmuziy (Romy) sebagai salah satu pihak yang merekomendasikan Haris Hasanuddin untuk menjadi Kakanwil Kemenag Jatim. Namun ocehan mantan Ketua Umum PPP itu tak mudah dipercayai publik, salah satunya ekonom senior Rizal Ramli.

Tokoh yang dikenal kritis ini mengaku lebih percaya Khofifah ketimbang Romy. Rizal selama ini mengenal Khofifah sebagai figur pekerja keras, bersih, dan tidak neko-neko. Karena itu, tidak 1 persen pun dirinya mempercayai Khofifah terlibat jual-beli jabatan yang disangkakan KPK kepada Romy.

"Saya 100 persen percaya Khofifah bersih. Dia itu orangnya ikhlas dan pekerja keras, gak neko-neko. Buka tipe orang yang ingin memperkaya diri. Lihat aja meski jadi pejabat, orangnya tetap sederhana," tutur mantan Menko Maritim ini kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (31/3).

Rizal mengungkapkan, dirinya dan Khofifah adalah sama-sama santri Gus Dur. Sehingga dirinya mengenal betul pribadi Gubernur Jatim tersebut. Karena itu ia menilai omongan Romy itu ngawur yang tak perlu diperdulikan. Dirinya berharap Khofifah tidak terpengaruh dan tetap bekerja membangun Jawa Timur.

Narapidana politik di era Orde Baru ini membeberkan kenal baik dengan Khofifah sejak sama-sama menjadi menteri di Kabinet Persatuan Nasional pimpinan KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Pasca Gus Dur lengser pun dirinya tetap menjalin persahabatan dengan Ketua Umum Muslimat NU tersebut.

"Saya dan Khofifah itu sama-sama santri Gus Dur. Jadi saya tahu benar ia orang baik, Nahdliyyin sejati yang bekerja untuk kepentingan bangsa," tegas pria yang akrab disapa Gus Romli itu.

Rizal Ramli yang dikenal dengan julukan Raja Kepret ini mengenang saat Pilgub 2013, ia bersama loyalis Gus Dur yang lain seperti Adhie Massardi. Saat itu mereka bahu membahu menyokong perjuangan Khofifah melawan Soekarwo yang berstatus petahana dan didukung penguasa saat itu.

Saat itu, Khofifah yang berpasangan dengan Herman Suryadi Sumawiredja mendapat perlakuan yang tidak adil sebagai kandidat peserta Pilgub. Bahkan, pasangan Khofifah-Herman sempat dicoret oleh KPU Jatim sebagai peserta Pilgub. Akhirnya, Khofifah bisa ikut berkompetisi di Pilgub Jatim setelah Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) mengabulkan tuntutan pasangan Khofifah-Herman.

"Sudahlah, kalau Khofifah itu saya garansi orang yang jujur dan bersih. Beliau itu saking lelahnya sampai tertidur di sofa rumah saya karena ikut menyusun materi gugatan ke MK pasca Pilgub 2013. Saya juga orang yang ikut menyarankan Emil Dardak sebagai pasangan Khofifah di Pilgub 2018 lalu. Saya yakin Jawa Timur akan maju dibawah kepemimpinan Khofifah-Emil," pungkas mantan Kabulog tersebut. (mdr/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 22 Mei 2019 11:24 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAYA menyaksikan penuh kagum terhadap para kompetitor yang menyorong sekehendaknya. Dengan nyaman menikmati gelisah rakyat yang sangat mayoritas. Para promotor pertandingan tergiring dalam alun langkahnya dengan kosa laku yang...
Sabtu, 18 Mei 2019 12:13 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag41. Walaqad sharrafnaa fii haadzaa alqur-aani liyadzdzakkaruu wamaa yaziiduhum illaa nufuuraanDan sungguh, dalam Al-Qur'an ini telah Kami (jelaskan) berulang-ulang (peringatan), agar mereka selalu ingat. Tetapi (p...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...