​Gubernur Dukung Pemanfaatan Tetes Tebu Menjadi Bioetanol

​Gubernur Dukung Pemanfaatan Tetes Tebu Menjadi Bioetanol Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menerima audiensi Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa mendukung pemanfaatan tetes tebu menjadi bioetanol. Apalagi, bioetanol merupakan salah satu bentuk energi terbarukan yang ramah lingkungan dan kandungan oktannya lebih tinggi daripada fossil fuel.

“Bioetanol merupakan salah satu bentuk energi baru terbarukan yang secara ekonomis bisa dikembangkan,” terang sapaan akrab Gubernur Jatim saat menerima audiensi Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (29/3).

Gubernur menjelaskan, berdasarkan data yang diperoleh, potensi tetes tebu yang dioalah menjadi ethanol baru sekitar 10%. Oleh sebab itu, pihaknya ingin segera ada roadmap terkait penguatan bioethanol di Jatim.

“Pemanfaatan bioetanol diupayakan menggunakan teknologi yang efektif, sehingga bisa memberi nilai tambah bagi petani,” ungkapnya sembari menambahkan potensi bioetanol tidak hanya dari tetes tebu tapi juga dari umbi-umbian yang juga melimpah di Jatim.

Untuk percepatan, Gubernur meminta untuk segera dilakukan identifikasi potensi pabrik gula (PG) yang ada di Jatim dalam mengolah tetes tebu. Hal ini penting dilakukan untuk mendorong pengolahan tetes tebu pada pabrik tidak hanya digunakan untuk pupuk, pakan ternak, ataupun vetcin.

“Dalam waktu dekat kita perlu rapat terbatas dengan pabrik gula (PG) dan PTPN yang ada di Jatim. Serta harus ada daerah yang dijadikan pilot project terkait pemanfaatan bioethanol,” urai gubernur perempuan pertama di Jatim ini.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa ke depan harus ada perhitungan terkait pemasaran bioetanol sehingga ketika daya beli masyarakat tidak memenuhi, maka akan ada subsidi dari pemerintah. Selain itu, harus ada kepastian apakah perusahaan pengelola minyak dan gas bumi mau membeli bioetanol yang telah dihasilkan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO