​Jalan Anjlok 15 Cm Ancam Ruko Jompo di Jember

​Jalan Anjlok 15 Cm Ancam Ruko Jompo di Jember

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Jalan Nasional yang berada di dalam kota, tepatnya di Jalan Sultan Agung, Lingkungan Jompo Kecamatan Kaliwates, mengalami retak dan anjlok sedalam 15 cm. Retaknya jalan tersebut, akibat pondasi di bawah ruko tergerus air Sungai Jompo. Kalau tidak segera ditindak lanjuti, dikhawatirkan bangunan ruko yang berdiri sepanjang sepadan Sungai Jompo akan ambruk. 

Upaya yang dilakukan saat ini sedang proses perbaikan dan membahas upaya lebih jauh untuk menanggulangi agar tidak ada korban. Ditemui saat inspeksi ke lokasi jalan anjlok, PPK Jalan Tanggul Kumitir Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Dwi Bagus Bawono mengatakan, potensi retak atau amblesnya Jalan Sultan Agung itu, sudah diketahui sejak bulan Januari lalu.

“Tapi penyebab rusaknya jalan hingga saat ini masih dalam penyelidikan Kementerian PUPR. Sehingga perbaikan jalan permanen baru bisa dilakukan setelah hasil penyelidikan tersebut sudah selesai,” ungkap Bagus, Kamis siang (28/3).

Ada dugaan, rusaknya jalan tersebut ada hubungannya dengan kondisi sungai dan bangunan ruko yang berdiri di sempadan Sungai Jompo. 

"Karena kalau dilihat dari bawah, pondasinya itu tergerus air sungai. Namun langkah apa yang akan dilakukan, masih perlu tindak lanjut, dan pembahasan bersama, antara pemerintah pusat, Pemprov Jatim dan Pemkab . Karena posisi jalan merupakan jalur nasional, aliran sungai diawasi oleh Dinas PU Provinsi Jatim, dan untuk bangunan ruko merupakan asset pemkab ," jelasnya.

Lebih lanjut, Bagus menambahkan, untuk sementara waktu jalan yang retak dan ambles akan ditambal dan sebagian akan ditutupi dengan plastik agar tidak memperparah kerusakan. “Sehingga air tidak masuk dari atas,” katanya.

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO