Selasa, 29 September 2020 14:44

Pelaku UKM Vulkanisir di Sidoarjo Harap Sentuhan Pemerintah​

Selasa, 26 Maret 2019 20:55 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy
Pelaku UKM Vulkanisir di Sidoarjo Harap Sentuhan Pemerintah​

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Para pelaku UKM vulkanisir ban berharap ada sentuhan lebih dari pemerintah. Dalam hal peningkatan kualitas produk maupun terkait kebutuhan modal usaha.

Termasuk tentang good manufacturing process (GMP) seperti yang digadang-gadang Kementerian Perindustrian, diharapkan pelaku UKM sektor ini bisa mendapat pelatihan dan sebagainya.

"Karena, rata-rata pelaku UKM vulkanisir ban belum mengerti apa itu GMP," kata Taufiq Rochman, Ketua Pervindo (persatuan pengusaha vulkanisir Indonesia) di sela acara musyawarah anggota (musang) di Fave Hotel Sidoarjo, Selasa (26/3).

Selain pelatihan, pihaknya juga berharap ada kemudahan lain dari pemerintah agar sektor ini bisa lebih maju. Seperti bantuan permodalan, perizinan, dan sentuhan-sentuhan lain untuk mendorong kemajuan UKM vulkanisir.

"Jujur saja, dalam tiga tahun kemarin pasar vulkanisir terus menurun. Dari sebelumnya bisa 20-30 ban sehari, belakangan ini pelaku UKM hanya bisa menjual 15-20 ban saja per harinya," lanjut pengusaha vulkanisir ban asal Jombang yang menjalankan bisnisnya di Palembang ini.

Secara nasional, disebut dia bahwa kebutuhan atau pasar vulkanisir masih tinggi. Pengusaha transportasi atau sopir, banyak juga yang memilih produk UKM vulkanisir karena beberapa pertimbangan.

Di antaranya, produk vulkanisir itu secara kualitas 85 persen dibanding ban orisinil. Namun, harganya berkisar 50 persen atau separo dari harga ban orisinil.

"Mayoritas yang memakai produk kami adalah kendaraan angkutan barang. Ada langsung dari perusahaan angkutan, atau sopir-sopir kendaraan sendiri," ungkap dia.

Secara nasional, anggota Pervindo ada sekitar 700 usaha. Dari jumlah itu, 400 di antaranya berada di Jawa Timur. Termasuk Jombang, Surabaya, Sidoarjo, dan beberapa daerah lain.

Pervindo sendiri baru berdiri selama satu tahun. Dan selama ini, para anggotanya juga selalu bekerja sama dalam menjalankan usaha. Misalnya ada UKM yang dapat order besar, ketika tidak mampu, mereka biasa menggandeng anggota lain.

Atau kerja sama lain antaranggota, seperti kebutuhan bahan baku, pemasaran, atau kebutuhan-kebutuhan lain yang bisa dikoneksikan satu dengan lainnya.

Mereka juga kerap berkumpul untuk membahas perkembangan-perkembangan baru di dunia vulkanisir. Potensi bisnis, regulasi pemerintah, dan sebagainya.

Pada pertemuan yang digelar kali ini, para pelaku UKM vulkanisir lebih banyak membicarakan masalah GMP. Termasuk tentang peraturan pemerintah terkait GMP, serta bagaimana mereka bisa memproduksi ban vulkanisir dengan standar itu. (cat/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...