Senin, 19 Agustus 2019 17:58

Suguhkan Teatrikal Raja Airlangga, Alumni Unair Sidoarjo Ikut Memeriahkan Delta Carnival 2019

Minggu, 24 Maret 2019 18:00 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Mustain
Suguhkan Teatrikal Raja Airlangga, Alumni Unair Sidoarjo Ikut Memeriahkan Delta Carnival 2019
TOTALITAS: Alumni Unair Sidoarjo saat menyuguhkan aksi teatrikal saat mengikuti Delta Carnival 2019, Minggu (24/3). foto: ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sejumlah elemen masyarakat turut memeriahkan Delta Carnival 2019 sebagai penutup kegiatan Hari Jadi ke-160 Kabupaten Sidoarjo, Minggu (24/3). Salah satunya Ikatan Alumni Universitas Airlangga (Ika UA) Cabang Sidoarjo.

Dalam pawai budaya ini, Ika UA Sidoarjo mengusung tema “Semangat Dharma Abhipraya Kstaria Airlangga dalam Mewujudkan Tenaga Kerja yang Andal di Kabupaten Sidoarjo”.

Dari tema tersebut, ada performa teatrikal berjudul Dharma Abipraya Ksatria Airlangga. Kisah ini memiliki arti perjuangan Raja Airlangga untuk mencapai cita-citanya.

Ketua Ika UA Sidoarjo, drg Winaryo, Sp.Perio mengatakan, kisah ini sangat tepat untuk diangkat karena merupakan awal berdirinya Kerajaan Kahuripan yang berlokasi di Sidoarjo.

Sekitar 50 alumni Unair yang berdomisili di Sidoarjo dan sekitarnya menjadi pemeran Dharma Abipraya Ksatria Airlangga.

“Selain itu, juga menggambarkan kondisi Universitas Airlangga pada umumnya serta Ika UA Sidoarjo pada khususnya, yang sedang mencapai cita-cita bersama menuju Top 500 World Class University,” jelasnya dalam rilis kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (24/3).

Menurut Winaryo, partisipasi alumni Unair dalam Pawai Delta Carnival ini merupakan wujud nyata dalam mendukung pelestarian seni dan budaya di Sidoarjo.

Apalagi, event ini juga sebagai bentuk untuk menarik pariwisata ke Kabupaten Sidoarjo. “Ini momen menarik untuk menunjukkan keberadaan dan kemampuan kami bersinergi dengan Pemkab Sidoarjo. Terutama di bidang pariwisata dan kesenian,” ungkapnya.

Selain itu, keuntungan yang diambil dari event seperti ini adalah sebagai perekat antar anggota dan pengurus Ika UA Sidoarjo. Juga antara Ika UA Sidoarjo dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bisa lebih harmoni.

Selain melestarikan seni budaya dan meningkatkan pariwisata, Winaryo juga mengungkapkan bahwa kisah teatrikal Raja Airlangga ini menjadi inspirasi bagi Ika UA Sidoarjo untuk berkarya bagi nusa dan bangsa.

“Ke depannya banyak kegiatan yang akan kami berikan kepada masyarakat Sidoarjo dan sekitarnya. Mulai bakti sosial, pengobatan massal, penyuluhan, sosialisasi kesehatan, dan sebagainya. Hal ini sebagai bentuk pengabdian alumni Unair kepada masyarakat,” jelas Winaryo.

Sementara, Ketua Panitia Pelaksana Karnaval Ika UA Sidoarjo Lidyasari S.Sos, mengatakan, keikutsertaan Ika UA Sidoarjo dalam Delta Carnival juga mempererat rasa persaudaraan dan semangat kebersamaan warga Sidoarjo, terutama alumni Unair yang tinggal di Sidoarjo dan sekitarnya.

“Dengan adanya organisasi Ika UA Sidoarjo ini, alumni yang selama ini berpencar, meski tinggal di Sidoarjo, bisa berkumpul dan guyub membesarkan organisasi. Kami berharap dukungan dari sesama alumni Unair dalam menjalankan program-program ke depan nanti,” kata alumnus FISIP Unair ini. (sta/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...