Rabu, 01 April 2020 13:09

​Kunjungi Siola, Rombongan Apeksi Kagumi Command Center 112

Sabtu, 23 Maret 2019 00:14 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
​Kunjungi Siola, Rombongan Apeksi Kagumi Command Center 112
Rombongan dari Apeksi saat berada di dalam ruang Command Center 112 bersama Wali Kota Risma. foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengajak 13 wali kota anggota Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) regional IV ke gedung Siola, Jumat (22/3/2019). Di gedung Siola itu, mereka ditunjukkan mal pelayanan publik, Command Center 112, dan Koridor.

Di Command Center 112 itu, Wali Kota Risma menjelaskan bahwa ruangan itu merupakan pusat komando yang siap siaga 24 jam nonstop untuk membantu warga Kota Surabaya dari berbagai masalah. Layar monitor CCTV dan pemantauan cuaca ditunjukkan, termasuk pelayanan psikolog yang disediakan 24 jam nonstop. Para tamu itu pun terkagum-kagum dengan inovasi Surabaya yang mampu memonitor berbagai penjuru Kota Surabaya.

Setelah puas melihat Command Center 112, Risma, sapaan Tri Rismaharini mengajak para tamu melihat Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) yang ruangannya tidak jauh dari Command Center 112. Selanjutnya, para tamu-tamu itu diajak berkunjung ke Koridor, tempat anak muda berkreasi. Saat itu, banyak anak muda yang sedang diskusi dan memanfaatkan komputer-komputer yang disediakan oleh Pemkot Surabaya.

“Jadi, tempat ini semacam tempat kerja bersama. Para startup tempat kerjanya di sini. Yang berkunjung anak muda dan yang jaga semuanya juga anak muda,” tegas Wali Kota Risma.

Setelah keluar dari Koridor, Risma dan para anggota Apeksi melakukan cap tangan yang nantinya akan ditempelkan di pohon-pohon di Taman Harmoni. Mereka kompak melakukan cap tangan itu bersama-sama. Selanjutnya, rombongan ini melihat langsung sentra UMKM yang ada di pojok lantai bawah gedung Siola. Di sentra itu, para tamu terlihat memborong beberapa produk UMKM yang dipajang, mulai dari minum-minuman, makanan, hingga baju-baju batik.

Ketua Apeksi Regional IV, Dewanti Rumpoko mengatakan setelah berkeliling di gedung Siola itu, ia mengapresiasi kinerja dan inovasi Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Bahkan, ia mengaku hanya memiliki satu kalimat untuk Pemkot Surabaya.

“Saya cuma punya satu kalimat, di sini kita tahu bahwa pemerintah itu ada untuk masyarakat, semua fasilitas dan semua apa yang dibutuhkan untuk masyarakat ada di sini. Jadi, judulnya Pemerintah Kota Surabaya ada untuk masyarakat,” kata Dewanti yang sekaligus Wali Kota Batu ini.

Menurut Dewanti, banyak hal yang dapat dipelajari dari Surabaya dan dapat diimplementasikan di daerah-daerah anggota Apeksi, termasuk di Kota Batu. Salah satu yang akan diterapkan oleh Dewanti di Kota Batu adalah penerapan CCTV yang menjangkau hingga ke pelosok kota.

“Mungkin seperti CCTV di seluruh pelosok. Apalagi kota kami kan kota pariwisata, sehingga untuk keamanan dan kenyamanan para wisatawan, CCTV itu sangat penting untuk memantau situasi dan kondisi, supaya para wisatawan nyaman,” kata dia.

Ia pun bersyukur karena sudah banyak anggota Apeksi yang melakukan kerja sama dan menandatangani MoU dengan Kota Surabaya. Kerja sama itu dalam bidang pelayanan, kreativitas, inovasi, dan juga penerapan smart city, sehingga dia berharap kota-kota yang ada di Indonesia bisa meniru berbagai inovasi yang telah dilakukan Wali Kota Risma di Kota Surabaya.

Rombongan wali kota ini untuk mengadakan Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah IV (Rakor Komwil IV) Apeksi di Kota Surabaya. Kegiatan ini diikuti oleh 13 kota anggota Apeksi wilayah IV yang terdiri dari Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kota Kediri, Kota Madiun, Kota Blitar, Kota Batu, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, Kota Bima, Kota Kupang, Kota Mataram, dan Kota Denpasar.

Rakor Komwil IV Apeksi ke-15 di Surabaya digelar mulai Jumat 22 Maret hingga Minggu 24 Maret 2019. Agenda utamanya penyusunan program kerja Apeksi Wilayah IV tahun 2020. Ia memastikan, semua anggota Apeksi ini hadir semua, meskipun bukan wali kotanya, tapi Sekretaris Daerahnya hadir dalam acara itu. (ian/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...