Rabu, 22 Mei 2019 18:44

​Wagub Emil Tekankan Pentingnya Integrasi Big Data di Jatim

Jumat, 22 Maret 2019 23:38 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
​Wagub Emil Tekankan Pentingnya Integrasi Big Data di Jatim
Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak saat memimpin Focus Group Discussion/FGD "Pemanfaatan Big Data untuk pengembangan Pelayanan Informasi Super Koridor (Permaisuri)" di Gedung Rektorat ITS, Sukolilo, Surabaya. foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak menekankan pentingnya integrasi big data yang ada di Jatim untuk perbaikan pelayanan publik bagi masyarakat. Apalagi, lewat perkembangan teknologi informasi terkini sangat memungkinkan konektivitas, integrasi dan pemrosesan data yang lebih baik.

“Berdasar pada keinginan untuk mencapai perbaikan dan pelayanan publik dari kebijakan yang berbasis data, maka integrasi big data merupakan salah satu prioritas program Pemprov Jatim,” ungkap Emil sapaan akrab Wagub Jatim saat memimpin Focus Group Discussion/FGD “Pemanfaatan Big Data untuk pengembangan Pelayanan Informasi Super Koridor (Permaisuri)” di Gedung Rektorat ITS, Sukolilo, Surabaya, Jumat (22/3).

Menurutnya, Pemprov Jatim masih akan merumuskan dan mencari metode terbaik untuk mengorganisir berbagai data yang terpencar di semua OPD. Dicontohkan, pada data di balai latihan kerja selama ini hanya ditumpuk berupa file, dan saat dicari data tersebut belum bisa dianalisa. “Tahapan yang terpenting dalam integrasi big data ini yaitu organisasi data dan manajemen data,” imbuh Wagub Emil.

Wagub Emil menambahkan, pihaknya menginginkan big data tersebut bisa tersinergikan hingga membentuk sebuah database yang tersinkronkan. Selain itu, teknologi deteksi sensor lewat e-KTP juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

“Bisa kita bayangkan jika ada proses akuisisi e-KTP, sehingga setiap orang cukup menempelkan e-KTP nya saat checkin ataupun checkout,” terangnya sembari menambahkan dengan demikian data akan terecord secara real time pada server yang telah disediakan.

Selain akuisisi data, Wagub Emil berharap data yang diintegrasikan juga bisa berbasis spasial. Menurutnya, lewat spasial maka data tersebut lebih relevan untuk dilakukan geotagging dan berbasis domisili based. “Begitu kita punya data spasial maka akan mudah melakukan data analisis,” ujarnya.

Wagub Emil berharap, proses akuisisi big data bisa mengakuisisi semua data yang ada di 60 OPD. Akan tetapi, pengerjaannya dilakukan secara bertahap dan prioritasnya pada OPD yang memberi dampak luas pada masyarakat. Dicontohkan, data-data pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) harus bisa memberi informasi indikasi pencemaran di seluruh Jatim.

“Saya harapkan usai FGD ini, semua unit terkait bisa lebih menajamkan program dan mengerucut pada rencana action plan dalam pengintegrasian big data di Jatim,” pungkas Wagub Emil yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Bupati Trenggalek.

Sementara itu, Dekan FTIK-ITS Agus Zainal Arifin menyampaikan, tujuan dari diskusi ini yaitu membangun dari berbagai sumber daya yang ada tentang pengintegrasian big data. Selain itu, juga untuk menggali platform data yang dibutuhkan untuk pengaplikasian Pelayanan Informasi Super Koridor (Permaisuri) yang digagas oleh Pemprov Jatim.

Turut hadir dalam FGD ini, antara lain Kepala Diskominfo Prov. Jatim, akademisi dari ITS, ITB, Unesa, Universitas Jember, serta perwakilan Telkom. (mdr/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 22 Mei 2019 11:24 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAYA menyaksikan penuh kagum terhadap para kompetitor yang menyorong sekehendaknya. Dengan nyaman menikmati gelisah rakyat yang sangat mayoritas. Para promotor pertandingan tergiring dalam alun langkahnya dengan kosa laku yang...
Sabtu, 18 Mei 2019 12:13 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag41. Walaqad sharrafnaa fii haadzaa alqur-aani liyadzdzakkaruu wamaa yaziiduhum illaa nufuuraanDan sungguh, dalam Al-Qur'an ini telah Kami (jelaskan) berulang-ulang (peringatan), agar mereka selalu ingat. Tetapi (p...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...