Senin, 22 April 2019 03:53

Rocky Gerung Dipastikan Batal ke Tuban, Ketua Yanba'ul Ulum Sebut Penolakan Ada Unsur Politik

Selasa, 19 Maret 2019 17:05 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Rocky Gerung Dipastikan Batal ke Tuban, Ketua Yanba
Ketua Yayasan Ponpes Yanba'ul Ulum, M. Yahya Romli, menunjukkan proposal acara.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kedatangan Rocky Gerung ke Kabupaten Tuban dipastikan batal. Hal ini disebabkan banyaknya penolakan yang datang dari berbagai ormas di Tuban.

Para ormas menolak kehadiran filsuf dan pengamat sosial tersebut karena khawatir mengganggu kondusivitas Kabupaten Tuban. Pasalnya, Rocky Gerung dinilai sebagai tokoh yang kerap melontarkan pernyataan-pernyataan kontroversial dan provokatif.

Rocky Gerung sejatinya akan mengisi sebuah acara diskusi publik yang digelar oleh LSM Nusantara Corruption Watch (NCW) di Ponpes Yanba'ul Ulum, Desa Sumurgung, Kabupaten Tuban, Selasa (19/3).

Akibat Rocky Gerung batal datang, diskusi tersebut akhirnya juga dibatalkan. Beberapa peserta diskusi yang terlanjur datang harus pulang dengan tangan hampa.

Pantauan BANGSAONLINE.com, lokasi yang menjadi tempat perhelatan diskusi tampak kosong. Padahal panitia kegiatan telah menyiapkan berbagai keperluan dalam diskusi. Ponpes juga telah menyiapkan sebuah panggung dan beberapa buah tenda yang terpasang di lokasi diskusi.

"Panitia sudah menyiapkan semuanya, tadi pagi juga sudah ada perserta yang datang. Karena acara dibatalkan, mereka akhirnya kembali pulang," kata Ketua Yayasan Ponpes Yanba'ul Ulum, M. Yahya Romli.

(Suasana lokasi diskusi dengan segala persiapannya)

Dirinya menyayangkan aksi penolakan sejumlah ormas atas kedatangan Rocky Gerung di Tuban. Ia menilai alasan yang dikemukakan ormas-ormas penolak Rocky Gerung mengandung unsur politik.

Gus Yahya, sapaannya, menepis anggapan bahwa Rocky Gerung dapat mengganggu dan meresahkan masyarakat Tuban. "Ini hanya Diskusi biasa, sangat menyayangkan pembatalan ini. Acaranya saja belum dimulai, tapi sudah banyak yang menolak," tuturnya.

Sementara itu, Kasat Intelkam Polres Tuban, AKP Soleh mengungkapkan bahwa pihaknya sebelumnya telah memfasilitasi pertemuan antara panitia dan pihak-pihak yang menolak kedatangan Rocky Gerung. Menurutnya, dalam pertemuan itu akhirnya diputuskan jika acara batal digelar.

Pasalnya, ia khawatir akan terjadi demonstrasi besar-besaran jika acara itu tetap digelar. "Kondisinya tidak memungkinkan untuk tetap digelar, sehingga kita minta untuk diundur. Kita bukan tidak mau memberikan izin, karena banyak terjadi penolakan kalau tetap dilanjutkan dikawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, setidaknya ada 9 ormas yang melayangkan surat keberatan dan menentang rencana kedatangannya Rocky Gerung di Kabupaten Tuban. Yakni, KNPI, Karang Taruna, Sapma, GP Ansor, Pemuda Pancasila, PMII Cabang Tuban, Serikat Buruh Muslim Indonesia (Saburmusi) Tuban, Keluarga besar Putra Putri Polri (KPPP), perwakilan masyarakat, dan perwakilan pendidikan. (gun/rev)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Yogi Indra Pratama
Jumat, 19 April 2019 21:53 WIB
Oleh: Yogi Indra Pratama, ST.,MT.*Istilah golput atau golongan putih pertama kali muncul pada tahun 1971. Pada masa itu, golput merupakan suatu bentuk gerakan protes yang dikumandangkan oleh pemuda dan mahasiswa dengan datang ke TPS untuk mencob...
Senin, 22 April 2019 00:24 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Se...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...