Selasa, 25 Juni 2019 01:30

Rocky Gerung Dipastikan Batal ke Tuban, Ketua Yanba'ul Ulum Sebut Penolakan Ada Unsur Politik

Selasa, 19 Maret 2019 17:05 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Rocky Gerung Dipastikan Batal ke Tuban, Ketua Yanba
Ketua Yayasan Ponpes Yanba'ul Ulum, M. Yahya Romli, menunjukkan proposal acara.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kedatangan Rocky Gerung ke Kabupaten Tuban dipastikan batal. Hal ini disebabkan banyaknya penolakan yang datang dari berbagai ormas di Tuban.

Para ormas menolak kehadiran filsuf dan pengamat sosial tersebut karena khawatir mengganggu kondusivitas Kabupaten Tuban. Pasalnya, Rocky Gerung dinilai sebagai tokoh yang kerap melontarkan pernyataan-pernyataan kontroversial dan provokatif.

Rocky Gerung sejatinya akan mengisi sebuah acara diskusi publik yang digelar oleh LSM Nusantara Corruption Watch (NCW) di Ponpes Yanba'ul Ulum, Desa Sumurgung, Kabupaten Tuban, Selasa (19/3).

Akibat Rocky Gerung batal datang, diskusi tersebut akhirnya juga dibatalkan. Beberapa peserta diskusi yang terlanjur datang harus pulang dengan tangan hampa.

Pantauan BANGSAONLINE.com, lokasi yang menjadi tempat perhelatan diskusi tampak kosong. Padahal panitia kegiatan telah menyiapkan berbagai keperluan dalam diskusi. Ponpes juga telah menyiapkan sebuah panggung dan beberapa buah tenda yang terpasang di lokasi diskusi.

"Panitia sudah menyiapkan semuanya, tadi pagi juga sudah ada perserta yang datang. Karena acara dibatalkan, mereka akhirnya kembali pulang," kata Ketua Yayasan Ponpes Yanba'ul Ulum, M. Yahya Romli.

(Suasana lokasi diskusi dengan segala persiapannya)

Dirinya menyayangkan aksi penolakan sejumlah ormas atas kedatangan Rocky Gerung di Tuban. Ia menilai alasan yang dikemukakan ormas-ormas penolak Rocky Gerung mengandung unsur politik.

Gus Yahya, sapaannya, menepis anggapan bahwa Rocky Gerung dapat mengganggu dan meresahkan masyarakat Tuban. "Ini hanya Diskusi biasa, sangat menyayangkan pembatalan ini. Acaranya saja belum dimulai, tapi sudah banyak yang menolak," tuturnya.

Sementara itu, Kasat Intelkam Polres Tuban, AKP Soleh mengungkapkan bahwa pihaknya sebelumnya telah memfasilitasi pertemuan antara panitia dan pihak-pihak yang menolak kedatangan Rocky Gerung. Menurutnya, dalam pertemuan itu akhirnya diputuskan jika acara batal digelar.

Pasalnya, ia khawatir akan terjadi demonstrasi besar-besaran jika acara itu tetap digelar. "Kondisinya tidak memungkinkan untuk tetap digelar, sehingga kita minta untuk diundur. Kita bukan tidak mau memberikan izin, karena banyak terjadi penolakan kalau tetap dilanjutkan dikawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, setidaknya ada 9 ormas yang melayangkan surat keberatan dan menentang rencana kedatangannya Rocky Gerung di Kabupaten Tuban. Yakni, KNPI, Karang Taruna, Sapma, GP Ansor, Pemuda Pancasila, PMII Cabang Tuban, Serikat Buruh Muslim Indonesia (Saburmusi) Tuban, Keluarga besar Putra Putri Polri (KPPP), perwakilan masyarakat, dan perwakilan pendidikan. (gun/rev)

Senin, 24 Juni 2019 12:08 WIB
TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Novita Hardiny, istri dari Bupati Trenggalek Moh. Nur Arifin menegaskan kebersihan di kawasan wisata merupakan hal yang harus dijaga, baik oleh pemerintah, masyarakat, termasuk pengunjung wisata itu sendiri.Perny...
Jumat, 31 Mei 2019 21:16 WIB
Penulis: Nabrisi Rohid*Tahapan Pemilu 2019 sudah berjalan lebih dari setahun. Pada 21 Mei 2019 dini hari, KPU telah menetapkan pemenang dalam Pemilu tahun ini. Setelah itu, muncullah berbagai gerakan untuk menolak hasil Pemilu. Gerakan tersebut dikem...
Sabtu, 22 Juni 2019 17:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag54. Rabbukum a’lamu bikum in yasya' yarhamkum aw in yasya' yu’adzdzibkum wamaa arsalnaaka ‘alayhim wakiilaanTuhanmu lebih mengetahui tentang kamu. Jika Dia menghendaki, niscaya Dia akan memberi rahmat kepad...
Sabtu, 22 Juni 2019 13:55 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...