Senin, 22 April 2019 03:59

​Komunitas LH dan OPD Pamekasan Bersih-bersih Simpatik di Pantai Jumiang

Minggu, 17 Maret 2019 20:13 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Erry Sugianto
​Komunitas LH dan OPD Pamekasan Bersih-bersih Simpatik di Pantai Jumiang
Komunitas Lingkungan Hidup (LH) dan Satuan tugas seluruh Organisasi Peranhkat Daerah (OPD) di Kabupaten Pamekasan mengadakan bersih-bersih simpatik di Pantai Jumiang.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Komunitas Lingkungan Hidup (LH) dan seluruh Organisasi Peranhkat Daerah (OPD) di Kabupaten Pamekasan mengadakan bersih-bersih simpatik di Pantai Jumiang dalam rangka mendukung Forum Komunitas Hijau.

Pantai Jumiang yang terletak di Dusun Jumiang, Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, Pamekasan, yang merupakan destinasi andalan Kabupten Gerbang Salam. Saat ini pantai tersebut sudah diberi fasilitas pelengkap di pinggir pantai sehingga tampak indah.

Namun, saat ini memang terlihat kurang terawat. Tampak beberapa fasilitas pendukung yang rusak, kondisi pantainya kotor. Banyak sampah yang berserakan di sekitar pantai. Sehingga, pantai yang dulunya bersih nan indah saat ini terlihat seperti pantai penuh sampah.

Aksi pungut sampah plastik yang dilaksanakan pada Minggu, (17/03/19) dari pukul 06.30 WIB tersebut dilakukan untuk tetap menjaga kebersihan pantai, terutama sampah plastik yang sulit terurai.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pamekasan Amin Jaber yang juga berpartisipasi dalam aksi tersebut mengatakan, aksi ini dilakukan dalam rangka mengapresiasi program forum komunitas hijau untuk aksi simpatik bersih-bersih sampah plastik di seluruh pantai.

"Program ini merupakan program nasional dan Kabupaten Pamekasan mengapresiasi aksi simpatik ini," ujar Jaber.

Jaber juga mengharapkan program ini terus berlanjut untuk menciptakan pantai yang bersih, khususnya di Pamekasan. 

Ketua Komunitas pecinta lingkungan dari Padepokan Raden Umro Habibullah Bahwi mengatakan, aksi pungut sampah ini dilakukan karena prihatin melihat kondisi pantai yang kotor dan penuh dengan sampah plastik

“Padepokan Raden Umro ikut serta dalam aksi simpatik bersih-bersih sampah plastik di Pantai Jumiang bersama komunitas pecinta lingkungan yang lain dan seluruh satuan tugas OPD Kabupaten Pamekasan dengan tujuan melestarikan keasrian pantai Jumiang,” tuturnya.

Habib, sapaan akrab Habibullah Bahwi menambahkan, pantai Jumiang yang merupakan destinasi wisata pantai yang layak untuk dikembangkan.

"Seharusnya pemerintah daerah membantu menjaga kebersihan pantai, menjaga kehalusan pasir, memperbaiki fasilitas tempat duduk, hingga tempat fasilitas umum seperti toilet maupun mushola dan lainya," harap Habibullah. (err/ian) 

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Yogi Indra Pratama
Jumat, 19 April 2019 21:53 WIB
Oleh: Yogi Indra Pratama, ST.,MT.*Istilah golput atau golongan putih pertama kali muncul pada tahun 1971. Pada masa itu, golput merupakan suatu bentuk gerakan protes yang dikumandangkan oleh pemuda dan mahasiswa dengan datang ke TPS untuk mencob...
Senin, 22 April 2019 00:24 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Se...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...