Senin, 23 September 2019 14:59

​Komunitas LH dan OPD Pamekasan Bersih-bersih Simpatik di Pantai Jumiang

Minggu, 17 Maret 2019 20:13 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Erry Sugianto
​Komunitas LH dan OPD Pamekasan Bersih-bersih Simpatik di Pantai Jumiang
Komunitas Lingkungan Hidup (LH) dan Satuan tugas seluruh Organisasi Peranhkat Daerah (OPD) di Kabupaten Pamekasan mengadakan bersih-bersih simpatik di Pantai Jumiang.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Komunitas Lingkungan Hidup (LH) dan seluruh Organisasi Peranhkat Daerah (OPD) di Kabupaten Pamekasan mengadakan bersih-bersih simpatik di Pantai Jumiang dalam rangka mendukung Forum Komunitas Hijau.

Pantai Jumiang yang terletak di Dusun Jumiang, Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, Pamekasan, yang merupakan destinasi andalan Kabupten Gerbang Salam. Saat ini pantai tersebut sudah diberi fasilitas pelengkap di pinggir pantai sehingga tampak indah.

Namun, saat ini memang terlihat kurang terawat. Tampak beberapa fasilitas pendukung yang rusak, kondisi pantainya kotor. Banyak sampah yang berserakan di sekitar pantai. Sehingga, pantai yang dulunya bersih nan indah saat ini terlihat seperti pantai penuh sampah.

Aksi pungut sampah plastik yang dilaksanakan pada Minggu, (17/03/19) dari pukul 06.30 WIB tersebut dilakukan untuk tetap menjaga kebersihan pantai, terutama sampah plastik yang sulit terurai.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pamekasan Amin Jaber yang juga berpartisipasi dalam aksi tersebut mengatakan, aksi ini dilakukan dalam rangka mengapresiasi program forum komunitas hijau untuk aksi simpatik bersih-bersih sampah plastik di seluruh pantai.

"Program ini merupakan program nasional dan Kabupaten Pamekasan mengapresiasi aksi simpatik ini," ujar Jaber.

Jaber juga mengharapkan program ini terus berlanjut untuk menciptakan pantai yang bersih, khususnya di Pamekasan. 

Ketua Komunitas pecinta lingkungan dari Padepokan Raden Umro Habibullah Bahwi mengatakan, aksi pungut sampah ini dilakukan karena prihatin melihat kondisi pantai yang kotor dan penuh dengan sampah plastik

“Padepokan Raden Umro ikut serta dalam aksi simpatik bersih-bersih sampah plastik di Pantai Jumiang bersama komunitas pecinta lingkungan yang lain dan seluruh satuan tugas OPD Kabupaten Pamekasan dengan tujuan melestarikan keasrian pantai Jumiang,” tuturnya.

Habib, sapaan akrab Habibullah Bahwi menambahkan, pantai Jumiang yang merupakan destinasi wisata pantai yang layak untuk dikembangkan.

"Seharusnya pemerintah daerah membantu menjaga kebersihan pantai, menjaga kehalusan pasir, memperbaiki fasilitas tempat duduk, hingga tempat fasilitas umum seperti toilet maupun mushola dan lainya," harap Habibullah. (err/ian) 

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Senin, 23 September 2019 13:14 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. Inna ‘ibaadii laysa laka ‘alayhim sulthaanun wakafaa birabbika wakiilaan“Sesungguhnya (terhadap) hamba-hamba-Ku, engkau (Iblis) tidaklah dapat berkuasa atas mereka. Dan cukuplah Tuhanmu sebagai penjaga...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...