Relawan di Kediri Ajak Tukang Rosok Melamar Jadi Penyelenggara Pemilu

Relawan di Kediri Ajak Tukang Rosok Melamar Jadi Penyelenggara Pemilu Anggota komisioner KPU bersama relawan demokrasi saat melakukan sosialisasi. Foto: ARIF KURNIAWAN/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Relawan demokrasi bersama Komisi Pemilihan Umum terus berupaya menyosialisasikan pemilu serentak 2019. Kali ini, mereka menyasar para pemulung yang ada di Desa Branggahan, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri. Selain mendapatkan pengetahuan tentang kepemiluan, mereka juga diajak aktif berani menjadi penyelenggara pemilihan umum.

Komisoner KPU Kabupaten Kediri Roni Juliarto mengatakan, sebagai masyarakat yang sudah dewasa berhak menjadi peserta maupun penyelenggara. Untuk peserta mereka harus memastikan namanya tercantum dalam daftar pemilih tetap. Sedangkan untuk menjadi penyelenggara mereka bisa mengikuti seleksi sesuai dengan kebutuhan.

"Saat ini ada rekrutmen KPPS, maka teman-teman tukang rosok juga boleh melamar. Gajinya juga lumayan," ungkapnya.

Sementara itu, menurut Arif Kuntarko anggota relasi segmen marginal, kegiatan ini memang terus dilakukan guna meningkatkan angka partisipasi pemilih. Rata-rata mereka sudah mengetahui tanggal pemungutan suara, tetapi teknisnya masih belum.

"Ya, tadi oleh KPU dikenalkan tentang tatacara pencoblosan dan surat suara," pungkasnya. (rif/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO