​Mulai Tahun Ini, Potong Sapi Betina Produktif Sembarangan di Pasuruan Bisa Dipidana

​Mulai Tahun Ini, Potong Sapi Betina Produktif Sembarangan di Pasuruan Bisa Dipidana Para petugas saat mengecek salah satu RPH di Kabupaten Pasururan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Demi menjaga stabilitas populasi dan ketersedianan bibit ternak ruminasia betina produktif, pemerintah melarang keras kepada masyarakat untuk tidak menyembelih ternak betina yang masih produktif. Larangan tersebut menindaklanjuti UU peternakan dan kesehatan hewan no. 41 Tahun 2014.

Kabid Kesmavet Dinas Peternakan dan Ketahanan Kabupupaten drh Ainur Alfiyah menjelaskan bahwa soal larangan tidak boleh menyembelihan sapi betina sejatinya sudah lama diberlakukan. Di Kabupaten sendiri akan diterapkan mulai tahun 2019 ini.

"Tahun lalu, kita sosialisasi kepada jagal dan masyarakat terkait larangan itu serta sangsi bila dilanggar. Untuk tahun ini sudah kita berlakukan sesuai aturan," jelasnya saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com.

Ia menambahkan, untuk ancaman bagi masyarakat yang terbukti melakukan pemotongan betina produktif yakni hukuman 1 tahun penjara atau denda Rp 100-300 juta. 

"Agar masyarakat luas memahami maksud dan tujuan dari UU tersebut, dalam setiap sosialisasi pihak Dinas Peternakan menggandeng aparat kepolisian," tambahnya.

Langkah antisipasi agar masyarakat tidak melakukan pemotongan betina produktif, Dinas terkait gencar melakukan pemantauan di beberapa RPH (Rumah Potong Hewan). Hal ini dilakukan di malam hari dengan beberapa petugas terkait, penyebaran brosur dan spanduk, bahkan terjun langsung dengan kepolisian memberikan arahan.

"Ada aturan yang membolehkan sapi betina dipotong oleh masyarakat. Tapi, itu harus memenuhi beberapa persyaratan, di antaranya sapi berusia 8 tahun ke atas, sudah 5 kali beranak, sapi tidak produktif (majer), cacat tubuh yang bersifat genetik, dan pernah mengalami kecelakaan berat," tandasnya. (bib/par/ian) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO