Bandeng 6,72 Kg Raih Juara Pertama, 4 Bandeng Kawak Sidoarjo Dilelang

Bandeng 6,72 Kg Raih Juara Pertama, 4 Bandeng Kawak Sidoarjo Dilelang JUMBO: Wabup didampingi Kadis Perikanan M Sholeh dan Sekretaris M Bachruni Ariyawan, saat prosesi timbang bandeng kawak, Kamis (28/2). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Bandeng 6,72 kilogram meraih juara pertama Kontes Bandeng Kawak yang digelar Dinas Perikanan , di halaman kantor setempat, Kamis (28/2). Bandeng kawak ini milik Sutriman, warga Desa Kupang, Kecamatan Jabon.

Selain Bandeng milik Sutriman ini, tiga bandeng kawak lainnya dinyatakan sebagai juara dua, tiga dan empat. Untuk juara dua, diraih bandeng seberat 6,52 kilogram milik H Sanaji, petambak asal Desa Kalidawir Kecamatan Tanggulangin.

Untuk juara tiga, disabet bandeng 6,23 kilogram milik H Ilyas, warga Kedungpandan Jabon. Juara empat diraih bandeng 5,60 kilogram, milik Mustofa, warga Desa Kupang Jabon. Keempat bandeng kawak ini bakal dilelang di Alun-alun , Kamis (28/2) malam.

Prosesi timbang bandeng kawak ini disaksikan Wabup H Nur Ahmad Syaifuddin. Menurutnya, acara ini untuk memotivasi para petambak agar lebih semangat membudidayakan bandeng kawak. “Juga untuk meningkatkan kualitas hasil tambak, baik bandeng, udang maupun mujair,” cetusnya.

Dia mengakui bandeng kawak yang meraih juara, lebih kecil dibandingkan tahun lalu. Sebab bisa jadi, bandeng kawak yang ditimbang, bandeng yang berhasil ditangkap pemiliknya. “Kalau dicari, masih banyak bandeng kawak lainnya,” beber Nur Ahmad Syaifuddin.

Kata Wabup, bandeng kawak yang dinyatakan juara, selanjutnya bakal dilelang di Alun-alun , Kamis (28/2) malam. ini untuk mengumpulkan dana yang nantinya untuk kepentingan sosial. Kontes dan ini juga bagian dari rangkaian Hari Jadi ke-160 Kabupaten .

Kepala Dinas Perikanan M Sholeh didampingi Sekretaris M Bachruni Ariyawan menjelaskan, kontes bandeng kawak ini tetap bertahan karena pihaknya terus melakukan pendampingan. Tujuannya budidaya ikan semakin menggeliat. 

“Kami bakal all-out mendampingi petambak agar tetap survive,” tandasnya.

Sementara, H Sanaji yang meraih juara dua, berharap para petambak lainnya di Kecamatan Sedati, Buduran, Candi dan Tanggulangin ikut meramaikan Kontes Bandeng Kawak ini. 

“Mestinya, kontes ini diikuti petambak dari kecamatan lainnya. Agar tidak hanya dari petambak Jabon saja,” tegasnya. (sta/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO