​Begini Arah PT Holcim Pasca Gabung ke Semen Indonesia

​Begini Arah PT Holcim Pasca Gabung ke Semen Indonesia

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Setelah gabung menjadi Group, PT Holcim Indonesia Tbk kini berganti nama menjadi PT Solusi Bangun Indonesia Tbk.

Guna menindaklanjuti proses akusisi saham mayoritas PT Holcim Indonesia Tbk yang transaksinya ditutup pada 31 Januari 2019 lalu, kini PT Solusi Bangun Indonesia sudah menentukan beberapa arah perusahaan.

Coporate Communications PT Solusi Bangun Indonesia Tbk, Indriani Siswati kepada BANGSAONLINE.com, pada Rabu (27/2) mengatakan, setelah proses akuisisi selesai dilanjutkan agenda Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 11 Februari 2019 lalu. Hasilnya ada sejumlah arah dadar perusahaan ke depan.

Pertama, memperluas jaringan pabrik semen di dalam negeri; kedua, memperluas diversifikasi jenis produk yang ditawarkan; ketiga, meningkatkan efisiensi, khususnya biaya distribusi dan bahan baku; keempat, memperkuat posisi bisnis ready mix dengan berbagai variasi produk dan solusi, dan poin terakhir memperkuat sinergi di berbagai bidang untuk meningkatkan efisiensi.

"Dalam ke depannya, ada 5 poin arah dasar perusahaan," ungkap Indri sapaan akrabnya.

Ia menambahkan, selain menetukan arah dasar perusahaan ke depan, hasil RUPSLB juga menjadikan pergantian nama perusahaan dari sebelumnya PT Holcim Indonesia Tbk, menjadi PT Solusi Bangun Indonesia Tbk. Selanjutnya, dua anak perusahaan yaitu PT Holcim Beton dan PT Lafarge Cement Indonesia, berganti nama menjadi PT Solusi Bangun Beton dan PT Solusi Bangun Andalas.

Kemudian, dilanjutkan perubahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Perusahaan serta penunjukkan Dewan Komisaris di anatranya, Fadjar Judisiawan selaku Presiden Komisaris, Adi Munandir selaku Komisaris, Noriega Malave Francisco selaku Komisaris Independen.

Sedangkan, untuk dewan Direksi, Aulia Mulki Oemar selaku Presiden Direktur, Agung Wiharto selaku Direktur,  dan Lilik Unggul Raharjo selaku Direktur Independeni.

Diketahui, PT Solusi Bangun Indonesia merupakan sebuah perusahaan milik publik Indonesia yang sahamnya 80,65 persen dikelola oleh Industri Bangun (SIIB), yakni bagian dari Semen Indonesia Group. Sedangkan, Group merupakan produsen semen terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara dengan total kapasitas produksi 45 juta ton semen per tahun.

Sementara itu, PT Solusi Bangun Indobesia menjalankan usaha terintegrasi terdiri dari semen, beton siap pakai, dan produksi agregat. Selain itu, PT Solusi Bangun Indonesia ini memgoperasikan empat pabrik semen masing-masing di Narogong, Jawa Barat, Cilacap Jawa Tengah, Tuban di Jawa Timur dan Lhoknga di Provinsi Aceh. Dari keempat lokasi itu menghasilkan 15 juta ton semen per tahun. (wan/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO