Survei Y-Publica: PKB Diprediksi Raih 2 Kursi DPR RI di Dapil Jatim IX

Survei Y-Publica: PKB Diprediksi Raih 2 Kursi DPR RI di Dapil Jatim IX

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Y-Publica, diprediksi bakal memperoleh 2 kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur IX (Bojonegoro dan Tuban) dalam Pileg 2019.

Dari 6 kursi yang menjadi jatah Dapil Jatim IX, 4 kursi di antaranya diprediksi bakal diraih oleh caleg-caleg baru yang belum pernah mencalonkan diri sebagai Caleg DPR RI sebelumnya. Keempatnya yakni, Haeny Relawati (Partai Golkar), Farida Hidayati (), Ratna Juwita Sari () dan J. Urip Utomo (PDI Perjuangan).

“Sementara dua lainnya tetap dihuni oleh petahana, yaitu Didik Mukrianto (Partai Demokrat) dan Wihadi Wiyanto (Partai Gerindra),” ungkap Direktur Eksekutif Y Publica Rudi Hartono dalam keterangan rilisnya, Senin (25/2).

Untuk informasi, Haeny Relawati yang merupakan mantan Bupati Tuban dua periode mendapatkan tingkat keterpilihan tertinggi dengan mengantongi pilihan responden sebesar 12,3%. Disusul calon lainnya, Farida Hidayati memiliki elektabilitas sebesar 10,8%, Didik Mukrianto sebesar 9,3%, Wihadi Wiyanto sebesar 8,4%, J. Urip Utomo sebesar 7,5% dan Ratna Juwita Sari sebesar 6,8%.

“Nama-nama ini kami dapatkan berdasarkan pertanyaan terbuka kepada responden,” jelas Rudi.

Lanjut Rudi, beberapa petahana yang terpilih dalam Pileg 2014 lalu banyak yang memiliki elektabilitas di bawah enam besar. Mereka adalah Abidin Fikri dengan elektabilitas sebesar 4,3%, Satya Yudha sebesar 3,1%, dan Lukmanul Khakim sebesar 2,1%.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO