Sabtu, 21 September 2019 14:54

​Mas Emil Ajak Masyarakat Sumberpucung Jadi Relawan Jogo Kali

Minggu, 24 Februari 2019 20:30 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didid Rosadi
​Mas Emil Ajak Masyarakat Sumberpucung Jadi Relawan Jogo Kali
Wagub Jatim, Emil Dardak melepas benih ikan di Bendungan Karangkates, Kabupaten Malang. foto: ist

MALANG, BANGSAONLINE.com - Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak mengajak masyarakat Kecamatan Sumberpucung dan taruna siaga bencana (Tagana) Kabupaten Malang menjadi Relawan Jogo Kali di Bendungan Karangkates. Harapannya agar peran serta masyarakat dalam kepedulian lingkungan hidup dapat terbangun hingga tercipta kesejahteraan masyarakat.

“Teman-teman Tagana juga mau ya jadi Relawan Jogo Kali. Masyarakat sumberpucung juga siap nggih. Alhamdulillah,” ujar Wagub Emil Dardak berdasarkan keterangan tertulis yang diterima redaksi, Minggu (24/2).

Program Adopsi Sungai atau Relawan Jogo Kali merupakan program 99 hari kerja Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim. Wagub Emil meyakini bahwa peran masyarakat sangat besar untuk menjaga kelancaran sistem lingkungan hidup.

“Apabila kita tidak menjaga sungai kita, maka akan berdampak pada kehidupan kita sendiri. Dulu orang mikir sungai dicemari tujuannya untuk memudahkan kehidupannya. Tetapi akhirnya menyusuhkan hidupnya sendiri,” ujar Mas Emil, panggilan akrabnya.

Menurutnya, jika air tercemar, maka sumber airnya menjadi tidak bisa diandalkan. Bahkan bisa menyebabkan terjadinya banjir, mempengaruhi produktivitas pertanian, dan masih banyak dampak negatif lainnya.

Untuk mencegah agar bendungan tersebut tidak tercemar limbah, ia meminta agar Relawan Jogo Kali, Perum Jasa Tirta I, Pemkab Malang ikut aktif menjaganya dari hulu. Pemprov Jatim siap bermitra dengan Pemkab Malang untuk menangani permasalahan di Bendungan Karangkates.

Selain mengajak masyarakat menjadi Relawan Jogo Kali, Emil menyerahkan sembako kepada para lansia. Kemudian menyusuri Bendungan Karangkates untuk melihat secara langsung tempat-tempat rawan dan penebaran benih ikan.

Seusai kunjungan di Bendungan Karangkates, rombongan Wagub Jatim melanjutkan perjalanannya ke Bendungan Selorejo Kabupaten Malang. (mdr/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...