Jumat, 15 November 2019 18:06

​Mas Emil Ajak Masyarakat Sumberpucung Jadi Relawan Jogo Kali

Minggu, 24 Februari 2019 20:30 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didid Rosadi
​Mas Emil Ajak Masyarakat Sumberpucung Jadi Relawan Jogo Kali
Wagub Jatim, Emil Dardak melepas benih ikan di Bendungan Karangkates, Kabupaten Malang. foto: ist

MALANG, BANGSAONLINE.com - Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak mengajak masyarakat Kecamatan Sumberpucung dan taruna siaga bencana (Tagana) Kabupaten Malang menjadi Relawan Jogo Kali di Bendungan Karangkates. Harapannya agar peran serta masyarakat dalam kepedulian lingkungan hidup dapat terbangun hingga tercipta kesejahteraan masyarakat.

“Teman-teman Tagana juga mau ya jadi Relawan Jogo Kali. Masyarakat sumberpucung juga siap nggih. Alhamdulillah,” ujar Wagub Emil Dardak berdasarkan keterangan tertulis yang diterima redaksi, Minggu (24/2).

Program Adopsi Sungai atau Relawan Jogo Kali merupakan program 99 hari kerja Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim. Wagub Emil meyakini bahwa peran masyarakat sangat besar untuk menjaga kelancaran sistem lingkungan hidup.

“Apabila kita tidak menjaga sungai kita, maka akan berdampak pada kehidupan kita sendiri. Dulu orang mikir sungai dicemari tujuannya untuk memudahkan kehidupannya. Tetapi akhirnya menyusuhkan hidupnya sendiri,” ujar Mas Emil, panggilan akrabnya.

Menurutnya, jika air tercemar, maka sumber airnya menjadi tidak bisa diandalkan. Bahkan bisa menyebabkan terjadinya banjir, mempengaruhi produktivitas pertanian, dan masih banyak dampak negatif lainnya.

Untuk mencegah agar bendungan tersebut tidak tercemar limbah, ia meminta agar Relawan Jogo Kali, Perum Jasa Tirta I, Pemkab Malang ikut aktif menjaganya dari hulu. Pemprov Jatim siap bermitra dengan Pemkab Malang untuk menangani permasalahan di Bendungan Karangkates.

Selain mengajak masyarakat menjadi Relawan Jogo Kali, Emil menyerahkan sembako kepada para lansia. Kemudian menyusuri Bendungan Karangkates untuk melihat secara langsung tempat-tempat rawan dan penebaran benih ikan.

Seusai kunjungan di Bendungan Karangkates, rombongan Wagub Jatim melanjutkan perjalanannya ke Bendungan Selorejo Kabupaten Malang. (mdr/ian)

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Selasa, 05 November 2019 19:40 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Taman Mozaik yang berada di Jalan Wiyung Praja Surabaya ini menambah rentetan panjang destinasi wisata taman aktif di Surabaya. Lahan yang sebelumnya rawa-rawa itu disulap Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menjadi taman y...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Kamis, 14 November 2019 13:45 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...