Rabu, 05 Agustus 2020 15:30

​Mas Emil Ajak Masyarakat Sumberpucung Jadi Relawan Jogo Kali

Minggu, 24 Februari 2019 20:30 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didid Rosadi
​Mas Emil Ajak Masyarakat Sumberpucung Jadi Relawan Jogo Kali
Wagub Jatim, Emil Dardak melepas benih ikan di Bendungan Karangkates, Kabupaten Malang. foto: ist

MALANG, BANGSAONLINE.com - Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak mengajak masyarakat Kecamatan Sumberpucung dan taruna siaga bencana (Tagana) Kabupaten Malang menjadi Relawan Jogo Kali di Bendungan Karangkates. Harapannya agar peran serta masyarakat dalam kepedulian lingkungan hidup dapat terbangun hingga tercipta kesejahteraan masyarakat.

“Teman-teman Tagana juga mau ya jadi Relawan Jogo Kali. Masyarakat sumberpucung juga siap nggih. Alhamdulillah,” ujar Wagub Emil Dardak berdasarkan keterangan tertulis yang diterima redaksi, Minggu (24/2).

Program Adopsi Sungai atau Relawan Jogo Kali merupakan program 99 hari kerja Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim. Wagub Emil meyakini bahwa peran masyarakat sangat besar untuk menjaga kelancaran sistem lingkungan hidup.

“Apabila kita tidak menjaga sungai kita, maka akan berdampak pada kehidupan kita sendiri. Dulu orang mikir sungai dicemari tujuannya untuk memudahkan kehidupannya. Tetapi akhirnya menyusuhkan hidupnya sendiri,” ujar Mas Emil, panggilan akrabnya.

Menurutnya, jika air tercemar, maka sumber airnya menjadi tidak bisa diandalkan. Bahkan bisa menyebabkan terjadinya banjir, mempengaruhi produktivitas pertanian, dan masih banyak dampak negatif lainnya.

Untuk mencegah agar bendungan tersebut tidak tercemar limbah, ia meminta agar Relawan Jogo Kali, Perum Jasa Tirta I, Pemkab Malang ikut aktif menjaganya dari hulu. Pemprov Jatim siap bermitra dengan Pemkab Malang untuk menangani permasalahan di Bendungan Karangkates.

Selain mengajak masyarakat menjadi Relawan Jogo Kali, Emil menyerahkan sembako kepada para lansia. Kemudian menyusuri Bendungan Karangkates untuk melihat secara langsung tempat-tempat rawan dan penebaran benih ikan.

Seusai kunjungan di Bendungan Karangkates, rombongan Wagub Jatim melanjutkan perjalanannya ke Bendungan Selorejo Kabupaten Malang. (mdr/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 30 Juli 2020 21:34 WIB
Oleh: KH. Agoes Ali Masyhuri*Kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim yang menyerahkan dana hibah puluhan miliar rupiah kepada Tanoto dan Sampoerna Foundation membuat dua ormas besar Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah kecewa dan mundur dari organi...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...