Senin, 18 Maret 2019 23:49

Ziarah ke Makam Gus Dur, Al Ghazali Putra Ahmad Dhani Dapat Nasihat dari Gus Solah

Kamis, 21 Februari 2019 20:27 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Rony Suhartomo
Ziarah ke Makam Gus Dur, Al Ghazali Putra Ahmad Dhani Dapat Nasihat dari Gus Solah
Al Ghazali (dua dari kiri) saat berada di makam Gus Dur. foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Putra sulung musisi Ahmad Dhani, Ahmad Al Ghazali atau biasa dipanggil Al, berziarah ke makam Presiden RI ke-4 KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di komplek makam keluarga di dalam area Pondok Pesantren Tebuireng di Desa Cukir Kecamatan Diwek, Kamis (21/2) sore.

Datang dengan memakai kaos oblong putih bergambar sang ayah, lengkap dengan tulisan My Hero warna hitam, Al nampak ditemani beberapa orang pria, termasuk dari pihak pengurus ponpes, saat berada di makam Gus Dur.

"Karena ayah (Ahmad Dhani) itu NU (Nahdlatul Ulama) banget dan ayah juga sangat mencintai Gus Dur. Untuk itu, saya berziarah ke sini," kata Al kepada sejumlah wartawan.

Al Ghazali yang juga sempat mengunjungi sang ayah di Rutan Medaeng Sidoarjo, juga mengaku mendapat pesan dari sang ayah untuk ke makam Gus Dur. "Jadi ke sini itu (permintaan ayah, red) juga. Kita berdoa untuk Gus Dur dari sini, saya juga berdoa untuk ayah agar kuat, sabar dan tegar," sambungnya.

Putra pertama Ahmad Dhani hasil pernikahan dengan Maia Estianty ini juga sempat bertemu dengan pengasuh Ponpes Tebuireng, KH Salahuddin Wahid atau Gus Solah, dan sempat mendapat nasehat dari sang kiai.

"Tadi juga dapat nasihat agar sabar dan kuat, dan semoga Allah mempunyai jalan yang baik untuk ke depannya," ujar Al.

Terpisah, Gus Solah memandang adanya perlakuan tidak seimbang terhadap sekelompok orang dibanding kelompok yang lain. "Saya bukan ahli hukum ya, cuma saya dan banyak lagi yang merasa ada perlakuan yang tidak seimbang. Saya pikir itu bukan sesuatu yang baik untuk perkembangan hukum di Indonesia," tuturnya saat dimintai pendapat soal kasus yang menjerat Ahmad Dhani.

Gus Solah lantas mencontohkan adanya pidato salah satu tokoh di NTT, di mana perkataan dalam pidato itu dinilai terlalu jauh, namun tidak jelas juga penangannya. "Kalau tidak salah seorang anggota DPR dari salah satu partai yang jadi Gubernur NTT, itu berpidato yang menimbulkan masalah," tegasnya.

Masih menurut Gus Solah, perlakuan hukum seharusnya seimbang dan adil bagi seluruh lapisan masyarakat. "Ya tidak hanya Ahmad Dhani saja. Hukum tidak melihat siapa itu, tetapi harus seimbang dan adil," tandasnya.

Menghadapi kasus hukum saat ini, Gus Solah juga berpesan kepada Ahmad Dhani melalui sang putra agar sabar dan tabah. "Ya memang tidak mudah. Mungkin ini juga sebuah tempaan ya untuk ke depannya harus lebih hati-hati. Siapa pun juga, bukan hanya Ahmad Dhani," pungkasnya. (ony/rev)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
Suparto Wijoyo
Rabu, 13 Maret 2019 10:54 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*HARI ini, 13 Maret 2019 ada agenda batas waktu Fraksi-fraksi di DPRD Provinsi Jawa Timur untuk memberikan pendapatnya kepada Pimpinan Dewan berkenaan dengan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pro...
Minggu, 17 Maret 2019 23:15 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag28. Wa-immaa tu’ridhanna ‘anhumu ibtighaa-a rahmatin min rabbika tarjuuhaa faqul lahum qawlan maysuuraanDan jika engkau berpaling dari mereka untuk memperoleh rahmat dari Tuhanmu yang engkau harapkan, maka kat...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...