Jumat, 15 November 2019 21:52

Ziarah ke Makam Gus Dur, Al Ghazali Putra Ahmad Dhani Dapat Nasihat dari Gus Solah

Kamis, 21 Februari 2019 20:27 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Rony Suhartomo
Ziarah ke Makam Gus Dur, Al Ghazali Putra Ahmad Dhani Dapat Nasihat dari Gus Solah
Al Ghazali (dua dari kiri) saat berada di makam Gus Dur. foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Putra sulung musisi Ahmad Dhani, Ahmad Al Ghazali atau biasa dipanggil Al, berziarah ke makam Presiden RI ke-4 KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di komplek makam keluarga di dalam area Pondok Pesantren Tebuireng di Desa Cukir Kecamatan Diwek, Kamis (21/2) sore.

Datang dengan memakai kaos oblong putih bergambar sang ayah, lengkap dengan tulisan My Hero warna hitam, Al nampak ditemani beberapa orang pria, termasuk dari pihak pengurus ponpes, saat berada di makam Gus Dur.

"Karena ayah (Ahmad Dhani) itu NU (Nahdlatul Ulama) banget dan ayah juga sangat mencintai Gus Dur. Untuk itu, saya berziarah ke sini," kata Al kepada sejumlah wartawan.

Al Ghazali yang juga sempat mengunjungi sang ayah di Rutan Medaeng Sidoarjo, juga mengaku mendapat pesan dari sang ayah untuk ke makam Gus Dur. "Jadi ke sini itu (permintaan ayah, red) juga. Kita berdoa untuk Gus Dur dari sini, saya juga berdoa untuk ayah agar kuat, sabar dan tegar," sambungnya.

Putra pertama Ahmad Dhani hasil pernikahan dengan Maia Estianty ini juga sempat bertemu dengan pengasuh Ponpes Tebuireng, KH Salahuddin Wahid atau Gus Solah, dan sempat mendapat nasehat dari sang kiai.

"Tadi juga dapat nasihat agar sabar dan kuat, dan semoga Allah mempunyai jalan yang baik untuk ke depannya," ujar Al.

Terpisah, Gus Solah memandang adanya perlakuan tidak seimbang terhadap sekelompok orang dibanding kelompok yang lain. "Saya bukan ahli hukum ya, cuma saya dan banyak lagi yang merasa ada perlakuan yang tidak seimbang. Saya pikir itu bukan sesuatu yang baik untuk perkembangan hukum di Indonesia," tuturnya saat dimintai pendapat soal kasus yang menjerat Ahmad Dhani.

Gus Solah lantas mencontohkan adanya pidato salah satu tokoh di NTT, di mana perkataan dalam pidato itu dinilai terlalu jauh, namun tidak jelas juga penangannya. "Kalau tidak salah seorang anggota DPR dari salah satu partai yang jadi Gubernur NTT, itu berpidato yang menimbulkan masalah," tegasnya.

Masih menurut Gus Solah, perlakuan hukum seharusnya seimbang dan adil bagi seluruh lapisan masyarakat. "Ya tidak hanya Ahmad Dhani saja. Hukum tidak melihat siapa itu, tetapi harus seimbang dan adil," tandasnya.

Menghadapi kasus hukum saat ini, Gus Solah juga berpesan kepada Ahmad Dhani melalui sang putra agar sabar dan tabah. "Ya memang tidak mudah. Mungkin ini juga sebuah tempaan ya untuk ke depannya harus lebih hati-hati. Siapa pun juga, bukan hanya Ahmad Dhani," pungkasnya. (ony/rev)

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Selasa, 05 November 2019 19:40 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Taman Mozaik yang berada di Jalan Wiyung Praja Surabaya ini menambah rentetan panjang destinasi wisata taman aktif di Surabaya. Lahan yang sebelumnya rawa-rawa itu disulap Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menjadi taman y...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Kamis, 14 November 2019 13:45 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...