​Permudah Layanan dan Aduan, Baddrut Tamam Launching Aplikasi Pamekasan Smart

​Permudah Layanan dan Aduan, Baddrut Tamam Launching Aplikasi Pamekasan Smart Bupati Pamekasan Baddrut Tamam bersama Forkopimda menekan tombol tanda dilaunchingnya aplikasi Pamekasan Smart.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dan wakilnya Raja'e sudah membuat dua terobosan selama 100 hari kepemimpinannya. Sebelumnya, bertepatan 47 hari kerja, bupati muda tersebut sudah melaunching Mall Pelayanan Publik yang ada di Islamic Center untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat Pamekasan.

Sedangkan kali ini, Baddrut melaunching Pamekasan Smart yang merupakan aplikasi untuk mempermudah pelayanan dan aduan masyarakat terhadap pemkab.

"Aplikasi ini untuk mempermudah semua proses pelayanan, mendekatkan pelayanan, dan memberikan pelayanan yang lebih baik dan excellent kepada masyarakat," ujar Baddrut Tamam saat launcing Pamekasan Smart di areal Tugu Arek Lancor Pamekasan, Sabtu (16/2/19) malam kemarin.

Menurutnya, semangat untuk menjadikan pelayanan publik sebagai bagian ikhtiar pemkab untuk kemudian Kabupaten Pamekasan yang cepat dan gesit merupakan latar belakang dilaunching aplikasi ini. Sehingga, Pamekasan bisa bersaing dengan kabupaten-kabupaten maju di Indonesia.

"Ikhitar pertama untuk menjadikan pamekasan maju dengan membuat Mall Pelayanan Publik dan kemudian ikhitiar kedua membuat Pamekasan Smart, yang semangatnya untuk memberikan pelayanan yang cepat dalam era digital 4.0 saat ini," ungkap Bupati yang sangat senang memakai Batik Pamekasan ini.

"Dengan banyaknya masyarakat di beberapa daerah sering mengadu langsung kepada saya, maka kita membuat e-madul dan e-lorong, aplikasi yang bisa dimanfaatkan masyarakat mengungkapkan keluhan. Atau melaporkan jalan-jalan atau fasilitas pemerintah lain yang rusak yang tentunya akan langsung terhubung dengan instansi terkait dalam mengatasi masalah tersebut," tegasnya.

Dalam launching Pamekasan Smart tersebut hadir jajaran Forkopimda, kepala OPD, para camat, kepala desa dan tokoh masyarakat pamekasan. Juga diperagakan cara mengoperasikan aplikasi Pamekasan Smart.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pamekasan Ir. M. Bahrun menjelaskan, aplikasi Pamekasan Smart memuat berbagai informasi, di antaranya kesehatan. Di aplikasi itu akan ada informasi tentang rumah sakit yang ada di kabupaten gerbang salam. Termasuk pukesmas, bidan, dengan foto-foto 360 derajat dan data-datanya.

"Dunia pendidikan juga menyediakan informasi pendidikan tinggi, SMA/SMK, SMP sederajat SD, dan TK serta PAUD," ungkap Bahrun.

Sementara e-lorong dan e-madul memuat fitur pelayanan umum untuk memudahkan masyarakat melakukan pengaduan terkait masalah tertentu. "Kalau ada jalan yang rusak, ada lampu PJU yang padam atau pohon tumbang, supaya segera direspons oleh instansi terkait," pungkasnya. (err/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO