​PKS Minta Khofifah Prioritaskan Sektor Agro dalam RPJMD Jatim

​PKS Minta Khofifah Prioritaskan Sektor Agro dalam RPJMD Jatim Ketua Umum DPW PKS Jatim, Arif Hari Setiawan. Foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Jawa Timur Arif Hari Setiawan berharap agar gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjadikan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) sebagai pedoman untuk menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Jatim.

Menurut dia, Khofifah harus menjadikan pembangunan berbasis agro dalam RPJMD ke depan sesuai dengan yang tertera dalam RPJP Jatim.

"Siapa pun yang melanjutkan estafet kepemimpinan daerah tidak lepas dari RPJP kita. RPJP kita sudah memperhatikan aspek yang ada di Jatim, potensi, peluang, dan hambatan. Garis besar RPJP menjadkan provinsi agro paling besar di Asia Tenggara," kata Arif, Jumat (15/2).

Caleg DPRD Jatim Dapil Surabaya ini menegaskan, kesejahteraan masyarakat Jatim yang bekerja di sektor agro masih rendah. Beberapa wilayah yang harus menjadi perhatian pemerintah adalah pesisir selatan, timur, dan Madura, yang berpootensi berkembangnya sektor agro.

"Orang yang bekerja di sektor ini paling rendah kesejahteraaanya. Kalau dilihat dari daerah di selatan, timur, dan Madura. Tanggung jawab provinsi agar kemakmuran lebih merata," tandasnya.

Dijelaskannya, selain mengembangkan sektor agro, tugas utama Pemprov Jatim adalah melakukan pemerataan pembangunan antara wilayah utara dan selatan di Jatim. Agar, disparitas di Jatim yang masih tinggi, bisa ditekan lebih rendah lagi.

"Mengkoordinasikan pemerintah di seluruh Jatim adalah makmurnya lebih merata. PR kita dan tantangan kita kedepan adalah disparitas. Semoga RPJMD yang dibuat bu gubernur dengan RPJP ini nantinya nyambung," pungkasnya. (mdr/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO