​Disdik Tuban Tarik Buku yang Sebut NU Sebagai Organisasi Radikal

​Disdik Tuban Tarik Buku yang Sebut NU Sebagai Organisasi Radikal Kepala Disdik Tuban, Nur Chamid.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban menerbitkan Surat Edaran (SE) terkait adanya temuan redaksional yang menyebut Nahdlatul Ulama (NU) sebagai organisasi radikal. Redaksional itu ditemukan pada buku kurikulum 2013 (K 13) kelas V Tema 7 pada pembelajaran 4 halaman 45 yang berjudul Masa Awal Radikal 1920-1927-an.

Dalam halaman itu, disebutkan bahwa organisasi radikal pada masa 1920-1927-an adalah Perhimpunan Indonesia (PI), Partai Komunis Indonesia (PKI), Nahdatul Ulama (NU), dan Partai Nasional Indonesia (PNI).

Kepala Disdik Tuban, Nur Chamid menjelaskan, diterbitkannya SE tersebut untuk mencegah keresahan dan kekhawatiran di masyarakat. Apalagi, mayoritas masyarakat di Tuban adalah Nahdliyin. "SE ini kita terbitkan untuk menjaga kondusivitas di masyarakat umum. Khususnya warga di Kabupaten Tuban," kata Nur Khamid, Jumat (15/2).

SE tersebut telah diterbitkan dan diedarkan Pihak Disdik Tuban kepada seluruh SD di wilayah Kabupaten Tuban per tanggal 06 Februari 2019 lalu.

(Buku kurikulum 2013 (K 13) kelas V Tema 7 pada pembelajaran 4 halaman 45 yang berjudul Masa Awal Radikal 1920-1927-an. Tulisan redaksi yang bergaris bawah)

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO