Selasa, 23 April 2019 07:53

Unik, Pohon Pisang di Sidoarjo Tumbuh dengan 6 Jantung

Kamis, 07 Februari 2019 21:57 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Unik, Pohon Pisang di Sidoarjo Tumbuh dengan 6 Jantung
Pohon pisang yang tumbuh dengan enam tundun banyak menuai keheranan warga. foto: CATUR A/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sebuah pohon pisang yang tumbuh di Dusun Karang Ploso RT 02 RW 04, Desa Gelang, Kecamatan Tulangan, Sidoarjo, nampak unik dan langka. Karena, sebuah pohon pisang tersebut berbuah dengan 6 jantung sekaligus.

Sekilas, pohon itu terlihat seperti pohon pisang pada umumnya. Namun, pohon pisang jenis Sembot itu terdapat 6 tundun dan memiliki 6 jantung. Otomatis, buah pisang tersebut berbuah enam kali lipat dari pada pohon pisang sembot pada umumnya.

Pohon pisang ajaib tersebut tumbuh di tanah pekarangan seluas 12x15 meter milik Suprayito (48). Sejak awal, pemilik tidak menyadari kalau buah pisang yang setiap hari ia rawat muncul keanehan.

"Setiap merawat, saya tidak tahu. Tahu-tahunya waktu buahnya agak besar," ucapnya saat ditemui di rumahnya, Kamis (7/2).

Dia menceritakan, keanehan buah pohon pisang yang tumbuh di pekarangannya tidak hanya sekali, namun sudah tiga kali. Yang pertama, pohon dengan bibit yang sama tumbuh dengan 2 tundun. Yang kedua, tumbuh dengan 3 tundun dan saat ini tumbuh dengan 6 tundun.

"Pernah berbuah seperti itu sebanyak tiga kali. Yang pertama itu satu pohon tumbuh dua tundun. Kedua, tiga tundun dan sekarang enam tundun," terangnya.

Seperti sebelumnya, buah ajaib itu dimakan sendiri dan dibagikan ke tetangga saat buah mulai matang. "Buahnya itu dikosumsi sendiri dan kadang saya bagi-bagikan ke tetangga. Kalaupun buahnya normal, buahnya itu besar. Satu tundun bisa ada 8 sampai 10 cengkeh," ucapnya.

Dia juga menceritakan, bahwa bibit pohon pisang tersebut dulu didapat dari teman ayahnya. "Dulu ayah saya dikasih orang bibit pisang. Ya seperti itu jadinya, kadang berbuah normal kadang sampai 6 tundun seperti sekarang ini," pungkasnya. (cat/rev)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Izza Kustiarti
Senin, 22 April 2019 17:12 WIB
Oleh: Izza Kustiarti*Pemilu serentak 2019 merupakan pemilu perdana yang menyertakan antara pemilihan legislatif dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Penyelenggaraan pemilu serentak merupakan titah dari putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nom...
Senin, 22 April 2019 00:24 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Se...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...