Jelang Imlek, Patung-patung Dewa di Klenteng En An Kiong Kota Malang Dibersihkan

Jelang Imlek, Patung-patung Dewa di Klenteng En An Kiong Kota Malang Dibersihkan Bonsu Anton Triono, pengurus harian Klenteng En An Kiong.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Menjelang tahun baru Cina atau Imlek tahun 2019, sejumlah warga Tionghoa nampak berkumpul untuk membersihkan patung Dewa yang berada di Klenteng En An Kiong Kota Malang.

Satu persatu setiap patung yang ada di klenteng ini dibersihkan dengan menggunakan rendaman air bunga. Selain itu, patung-patung tersebut juga diberikan baju yang baru. Demikian pula, untuk ruangan yang akan digunakan ibadah oleh para umat juga turut dibersihkan.

Bonsu Anton Triono selaku pengurus harian Klenteng, Rabu (30/1) mengatakan, pembersihan ini dimaksudkan agar umat yang beribadah disini saat hari raya Imlek lebih khidmat.

“Pembersihan patung para dewa ini merupakan adat atau kebiasaan yang dilakukan menjelang Imlek. Sebelumnya, para dewa ini diantar pulang untuk melaporkan perbuatan umat selama satu tahun terakhir,”terang Anton Triono.

“Harapannya di tahun babi kayu ini senantiasa dapat menambah kedamaian antar umat di negeri tercinta ini,” pungkasnya. (thu/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO