Curah Hujan Tinggi, BPBD Lamongan Imbau Nelayan Waspada

Curah Hujan Tinggi, BPBD Lamongan Imbau Nelayan Waspada Deretan kapal motor nelayan yang diparkir karena gelombang tinggi.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Beberapa hari terakhir intensitas hujan yang disertai angin semakin tinggi. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamongan berharap nelayan menjaga kewaspadaan jika melaut untuk mencari ikan.

"Nelayan dan warga Lamongan harus waspada terhadap perubahan iklim, terlebih untuk di Kecamatan Paciran dan Brondong (Pantura). Maka untuk itu, kami imbau agar nelayan tidak melaut jika terjadi terjadi ombak tinggi dan angin untuk menghindari hal yang tidak diingikan," kata Kepala BPBD Lamongan, Suprapto pada awak media, kemarin.

Menurut Suprapto, hingga saat ini tinggi gelombang mencapai 1,5 meter sampai 3,5 meter. “Sampai saat ini kondisi air laut masih belum bersahabat dengan kita. Untuk para nelayan jika mau melaut jangan sampai terlalu jauh, sebab sangat membahayakan keselamatan, dan sebaiknya tidak melaut,” ungkapnya.

Sementara itu, Narto salah seorang nelayan mengatakan saat ini hanya segelintir nelayan saja yang masih nekat melaut, karena tertekan dengan kondisi ekonomi keluarga. "Sebagian besar teman-teman nelayan melakukan kegiatan lain di luar mencari ikan di laut, misalnya mencari pekerjaan sebagai kuli bangunan atau yang lainnya, demi menyambung kebutuhan keluarga dalam tiap harinya," ujar Narto. 

Narto dan ratusan nelayan lainya meminta Pemerintah Kabupaten Lamongan untuk bisa memberikan perhatian khusus kepada para nelayan, setidaknya berupa bantuan atau yang lainnya. "Saat ini para nelayan sangat kebingungan untuk memenuhi kebutuhan hidup, karena selama ini hanya mengandalkan hasil penjualan tangkap ikan di laut," keluh Narto. (qom/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO