​DBD Mulai Serang Pamekasan, Satu Pasien Meninggal Dunia

​DBD Mulai Serang Pamekasan, Satu Pasien Meninggal Dunia Ilustrasi.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) mulai menyerang masyarakat Kabupaten , Madura, Jawa Timur. Tercatat ada 25 kasus DBD dan satu orang meninggal.

Dalam melakukan pencegahan dan mengatasi penyakit yang mulai meresahkan masyarakat tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten meminta warga mewaspadai bahaya virus Demam Berdarah Dengue (DBD), Zika, dan Chikungunya.

Sekretaris Dinas Kesehatan  Ali Maksum menerangkan, di bulan Januari 2019 ini, sudah ada 25 kasus DBD bahkan ada 1 meninggal dunia.

“Penyakit DBD awal tahun ini sudah memakan korban, satu meninggal dunia, warga Desa Bangkes berumur 7 tahun, seorang laki-laki atas nama Wildan,” ujar Ali Maksun, Kamis (25/01/19).

Tidak hanya itu, Ali Maksum juga menegaskan, penyakit DBD kebanyakan menyerang pada anak-anak usia 5 – 15 tahun.

“Pada usia rentan tersebut, indikasi terkena DBD sangat tinggi karena seusia tersebut masih senang-senangnya bermain di tempat yang kotor. Sedangkan nyamuk banyak bersarang di tempat yang kumuh serta ada genangan air,” ungkapnya.

Pihaknya juga berharap kepada semua masyarakat agar lebih mewaspadai DBD, karena bisa mengakibatkan kematian. Ia mengimbau untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan membersihkan bak mandi satu minggu sekali.

"Perhatikan perabot yang menampung air, gunakan kasa nyamuk, jangan menumpuk baju yang belum kering terlalu lama, dan menggunakan lotion anti nyamuk.

Pihaknya juga memberikan imbauan dalam bentuk siaran keliling dan pemasangan spanduk di beberapa tempat strategis serta di setiap rumah sakit juga setiap Puskesmas di seluruh Kabupaten . (err/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO