Jumat, 19 April 2019 06:16

​Rizal Ramli Optimisi Jatim Semakin Maju di Tangan Khofifah

Minggu, 20 Januari 2019 23:09 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
​Rizal Ramli Optimisi Jatim Semakin Maju di Tangan Khofifah
Dr. Rizal Ramli, Ekonom Senior. Foto: DIDI ROSADI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Meski diwarnai sejumlah kasus korupsi dan operasi tangkap tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), namun dari sisi ekonomi Provinsi Jawa Timur selama 10 tahun ini secara umum mengalami kemajuan yang berarti. 

Hal itu bisa dilihat dari tingginya pertumbuhan ekonomi dan sejumlah penghargaan yang diterima Jawa Timur selama dipimpin duet Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa).

Per tanggal 12 Februari tahun ini Gubernur Jatim, Soekarwo akan mengakhiri masa jabatannya. Selanjutnya tampuk kepemimpinan akan diserahkan ke tangan Khofifah Indar Parawansa. Rencananya Khofifah bersama wakilnya, Emil Elestianto Dardak akan dilantik Presiden Joko Widodo di istana Merdeka tanggal 19 Februari 2019.

Rizal Ramli, ekonom senior optimis Provinsi Jawa Timur semakin maju di tangan Khofifah. Rizal mengaku sebagai sahabat karib dan sesama santri Gus Dur, ia dan Khofifah saling mengenal. Karena itu ia paham betul komitmen Khofifah dalam menjalankan amanah jabatan yang ia emban.

"Mbak Khofifah itu orang yang amanah menjalankan tugas. Lihat saja setiap jabatan yang ia pegang pasti berhasil. Mulai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak era Gus Dur, lalu Menteri Sosial RI era Jokowi, sampai 4 periode memimpin muslimat NU," urai Rizal Ramli, Minggu (20/1).

Mantan Komisaris Utama Semen Gresik ini melanjutkan, Khofifah memiliki passion atau minat yang kuat untuk mengabdi di Jawa Timur. Terlebih yang bersangkutan adalah putri daerah asli Jawa Timur.

"Karena itu, Khofifah punya komitmen kuat membangun Jawa Timur. Terbukti ia rela meninggalkan karirnya di pusat pemerintahan sebagai seorang menteri untuk mengikuti kontestasi pemilihan gubernur Jatim yang kemudian ia menangkan," katanya.

"Passion Khofifah memang di Jatim, karena itu ia punya komitmen untuk membangun Jatim. Saya paham betul itu, karena saya adalah sahabat yang mendorong Khofifah untuk mundur sebagai menteri dan berkonsentrasi maju pilgub," tutur mantan Menko Maritim di Kabinet Kerja itu.

Loyalis Gus Dur yang akrab disapa Gus Romli ini berharap Khofifah bisa fokus membangun Jawa Timur bagian Selatan yang tertinggal jauh dari Jatim di sisi Utara. Menurutnya, sejatinya Jatim Selatan punya potensi untuk maju dan berkembang seperti Jatim Utara.

Kekurangan Jawa Timur bagian Selatan adalah akses transportasi yang terbatas. Karena itu dengan pembangunan infrastruktur yang massif, Jatim Selatan bisa menjadi daerah terbuka. Dengan demikian potensi alam yang luar biasa, bisa dikelola menjadi industri pariwisata yang mendongkrak pertumbuhan ekonomi di sisi Selatan.

"Bayuwangi bisa menjadi contoh dari Kabupaten paling tertinggal dengan stigma santet, saat ini menjadi Kabupaten paling maju dan menjadi tujuan wisata. Itu semua berkat strong leadership dari Bupati Abdullah Azwar Anas, dan Khofifah juga memiliki itu," papar Rizal Ramli. (mdr/ian)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 17 April 2019 10:19 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*RABU 17 April 2019 telah beranjak dari gawe demokrasi yang amat besar bagi Republik ini. Pemilu untuk memilih capres-cawapres, caleg DPR RI maupun DPRD dan insan DPD bagi kepentingan kepemimpinan lima tahun mendatang telah usai. ...
Sabtu, 13 April 2019 11:40 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesun...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...