Minggu, 26 Mei 2019 23:00

​Pangkoarmada II Hadiri Puncak Peringatan HUT ke-72 Yayasan Hang Tuah

Minggu, 20 Januari 2019 18:29 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Devi Fitri Afrianty
​Pangkoarmada II Hadiri Puncak Peringatan HUT ke-72 Yayasan Hang Tuah
Pangkoarmada II saat menghadiri puncak peringatan HUT ke-72 Yayasan Hang Tuah.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos, M.Si didampingi oleh Anggota Pengawas Daerah II Yayasan Hang Tuah Ny. Dien Mintoro Yulianto, hadiri puncak peringatan HUT Ke-72 yayasan, yang digelar di SMA Hang Tuah 1 Surabaya, Sabtu (19/1) kemarin.

Tema yang diusung,”Dengan karakter Jiwa Bahari, Yayasan Hang Tuah (YHT) Siap Menyukseskan Implementasi Kurikulum Kemaritiman Dalam Rangka Mewujudkan Poros Maritim Dunia". 

Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah yang juga selaku Ketua Umum Jalasenastri Ny. Dra. Manik Siwi Sukma Adji hadir menyaksikan seluruh rangkaian acara peringatan tersebut. Melibatkan sekitar 1.300 hadirin, yang terdiri dari para peserta didik, guru, dan karyawan Yayasan Hang Tuah, serta beberapa perwakilan cabang dari luar Surabaya seperti Tarakan dan Kupang.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Jalasenastri mengatakan, di usia ke-72 ini Yayasan Hang Tuah sebagai yayasan di bawah naungan TNI AL dalam hal ini Jalasenastri, siap membangun karakter dan jiwa bahari yang kuat kepada seluruh anak didiknya.

"Agar mampu mampu mengoptimalkan segala bentuk potensi maritim yang ada untuk dijadikan modal dalam membangun dan menciptakan bangsa yang adil, sejahtera, unggul dan disegani bangsa lain," kata Ketua Pembina YHT yang juga istri dari Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E.,M.M. ini.

Kepada bapak dan ibu guru, ia berharap agar tidak henti-hentinya untuk berinovasi dalam pengembangan pendidikan yang berkualitas, berkarakter, dan berwawasan kebaharian . 

"Sebab kita dalah Negara maritime terbesar di dunia dengan segala potensinya yang menunggu untuk dikembangkan demi kemajuan dan kemakmuran bangsa,” harapnya. 

Acara puncak HUT Ke-72 YHT terlebih dahulu diawali dengan Jalan Sehat menempuh rute sejauh 2,5 km. Rute tersebut dimulai dari SMA Hang Tuah 1 Surabaya kemudian melewati Jl. Gresik – Jl. Perak – Jl. Tanjung Sadari, dan kembali ke SMA Hang Tuah 1.

Selain jalan sehat, ada pula para peserta karnaval dan drum band yang terdiri dari para peserta didik dari TK, SD, SMP, SMA, dan SMK Yayasan Hang Tuah di Surabaya. Mereka tampil memeriahkan acara dengan pesona kostum daur ulang yang merupakan hasil kreasi para siswa yang dibuat selama kurang lebih satu minggu.

Sementara tema kostum yang diangkat adalah tentang keberagaman Indonesia, karenanya bentuk kostum yang dibuat bercirikan pakaian khas adat seperti Dayak, Minangkabau, dan Madura. Dan yang menjadi salah satu primadona acara yakni launching seragam batik baru khusus bagi para guru dan karyawan YHT yang didesain oleh Darmadi, S.Pd, salah seorang guru di SMA Hang Tuah 2 Surabaya,

Salah satu rangkaian kegiatan HUT Ke-72 Yayasan Hang Tuah yang tepat dilaksanakan pada tanggal 14 Januari 2019 yang menjadi tanggal hari jadi yayasan tersebut adalah gerakan serentak makan ikan bersama yang melibatkan 11.954 peserta yang digelar di kantor Korcab V Daerah Jalasenastri Armada II Surabaya. Kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan yang merepresentasikan tekad Yayasan Hang Tuah dalam mengenalkan jiwa dan wawasan bahari kepada para peserta didik.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah juga memberikan beberapa penghargaan kepada 25 siswa-siswi yang berprestasi dan kepada 25 siswa penerima beasiswa social ekonomi mulai tingkat TK hingga SMK se-Cabang Surabaya. (dev/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 22 Mei 2019 11:24 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAYA menyaksikan penuh kagum terhadap para kompetitor yang menyorong sekehendaknya. Dengan nyaman menikmati gelisah rakyat yang sangat mayoritas. Para promotor pertandingan tergiring dalam alun langkahnya dengan kosa laku yang...
Minggu, 26 Mei 2019 13:06 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag42. qul law kaana ma’ahu aalihatun kamaa yaquuluuna idzan laibtaghaw ilaa dzii al’arsyi sabiilaanKatakanlah (Muhammad), “Jika ada tuhan-tuhan di samping-Nya, sebagai-mana yang mereka katakan, niscaya tuhan-t...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...