Jumat, 14 Agustus 2020 12:16

Mahasiswa Unesa Kagumi Rumah Adat Taneyan Lanjhang Pamekasan

Sabtu, 19 Januari 2019 16:05 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Erry Sugianto
Mahasiswa Unesa Kagumi Rumah Adat Taneyan Lanjhang Pamekasan
Mahasiwa Unesa ketika di Taniyan Lanjhang Dusun Buddagan, Desa Larangan Luar Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jumat (18-19/1).

PAMEKASAN, BANGSAONLONE.com - Taniyan Lanjhang yang merupakan rumah adat di Madura, khususnya di Kabupaten Pamekasan mendapatkan perhatian dari sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Jurusan Seni Rupa. Mereka mengunjungi rumah adat Taniyan Lanjhang yang berada di dusun Buddagan, Desa Larangan Luar, Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jumat (18-19/1).

Ketua komunitas Batik (Kibas) Jawa Timur, Lintu Yulistiantoro yang mendampingi para mahasiswa tersebut mengatakan, mereka datang untuk mengisi liburan sekaligus mengeksplor budaya yang ada di Taneyan Lanjhang Pamekasan. Mulai dari bangunan rumah, makanan, dan lingkungan sekitar.

"Mereka mempunyai ketertarikan pada budaya, khususnya budaya Madura. Jadi saya ajak liburan ke Taneyan Lanjhang," jelas Lintu.

Lintu juga menyampaikan, kedatangan mereka untuk mempersiapkan kegiatan Malam Budaya Taneyan Lanjhang yang akan dilaksanakan bulan Juli 2019 mendatang.

"Sekarang mereka mengeksplorasi, dan hasilnya akan dibahas di Surabaya. Selain acara Malam Budaya, juga nantinya akan dikemas pasar kuliner Taneyan Lanjhang," tuturnya.

Satria Wicaksana, salah satu mahasiswa semester akhir Unesa mengaku mendapatkan banyak pengalaman baru di Taneyan Lanjhang. "Banyak pelajaran dan pengalaman yang tidak didapat di Surabaya. Suasana penuh kekeluargaan masyarakat, sopan santun, tata krama, dan batasan suatu wilayah bisa berupa norma, tidak hanya berupa bangunan fisik," ujar Satria yang cukup kerasan tinggal di Taniyan Lanjhang.

Satria juga mengiyakan bahwa hasil eksplorasi Taniyan Lanjhang akan dimatangkan di Surabaya untuk kesuksesan Malam Budaya Taneyan Lanjhang dan pasar kuliner yang akan dilaksanakan pada bulan Juli tersebut.

Selama berada di Taniyan Lanjhang, para mahasiswa ini mempelajari budaya, adat istiadat yang ada di Taniyan Lanjhang, serta menikmati suasana penuh kekeluargaan dan juga merasakan kuliner makanan khas masyarakat Madura. (err/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Kamis, 13 Agustus 2020 16:50 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo---Ketika HARIAN BANGSA mengontak untuk membahas pilkada 9 Desember 2020, saya sedang bersungguh-sungguh untuk menyuguhkan argumentasi mengenai krisis pangan yang akan mengancam, apabila negeri ini tidak mampu membang...
Kamis, 13 Agustus 2020 09:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...