Jumat, 19 April 2019 16:26

Inilah Berbagai Olahan Kuliner dari Lorjuk, Seafood Khas Pamekasan yang Lagi Viral

Minggu, 13 Januari 2019 22:02 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Erri Sugianto
Inilah Berbagai Olahan Kuliner dari Lorjuk, Seafood Khas Pamekasan yang Lagi Viral
Aneka makanan olahan berbahan Lorjuk.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Lorjuk atau kerang lorjuk, makanan seafood langka dari Madura ini akhir-akhir viral pasca diupload ke YouTube oleh artis sekelas Dian Sastro, Raffi Achmad, dan Billi Saputra. Lorjuk ternyata tidak hanya bisa dibuat Campor Lorjuk, makanan khas Kabupaten Pamekasan yang mulai diburu para pecinta kuliner.

Lorjuk juga bisa diolah menjadi berbagai makanan, seperti rengginang lorjuk, aci lorjuk, tebus kelor lorjuk, atau telor gabus keju lorjuk, seperti yang diperkenalkan oleh mahasiswa KKN Mandiri Kelompok 14 Universitas Trunojoyo Madura di kantor Desa Pademawu Timur Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan.

(Campor Lorjuk)

Kepala Desa Pademawu Timur, Abu Sidik mengapresiasi olahan makanan berbahan Lorjuk yang digagas oleh mahasiswa KKN Mandiri Kelompok 14 Universitas Trunojoyo Madura di desanya.

Ia berterima kasih atas perjuangan mahasiswa-mahasiswa KKN dalam memberdayakan masyarakat. Pihaknya juga akan mengkaji masukan dari sejumlah mahasiswa terkait inovasi baru berkenaan dengan usaha makanan yang akan dikembangkan.

“Berbagai olahan makanan ini sangat unik, dibungkus dengan cantik dan menarik bagi siapa saja yang datang,” ujarnya, Minggu (13/01/19), saat ditemui di kantor desanya.

Sementara itu Ana Maghfiroh, penggagas ide olahan makanan berbahan lorjuk mengatakan, ide membuat olahan lorjuk muncul setelah dirinya melihat potensi desa Pademawu Timur yang mayoritas penghasilan lautnya melimpah.

"Dengan produk ini saya ingin masyarakat sekitar agar peka terhadap potensi yang dimiliki desa. Lorjuk tak hanya sebatas jadi lauk pauk saja, tapi bisa diinovasikan menjadi makanan yang lebih menarik dan memiliki nilai jual tinggi," pungkasnya. 

Sekadar diketahui, Lorjuk merupakan sejenis kerang bambu atau kerang kuku yang berbentuk kecil dan panjang, yang biasanya banyak ditemukan di pesisir pantai Madura saat air laut sedang surut. Lorjuk biasanya berada di bawah pasir pantai. (err/rev)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 17 April 2019 10:19 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*RABU 17 April 2019 telah beranjak dari gawe demokrasi yang amat besar bagi Republik ini. Pemilu untuk memilih capres-cawapres, caleg DPR RI maupun DPRD dan insan DPD bagi kepentingan kepemimpinan lima tahun mendatang telah usai. ...
Sabtu, 13 April 2019 11:40 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesun...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...