Inilah Berbagai Olahan Kuliner dari Lorjuk, Seafood Khas Pamekasan yang Lagi Viral

Inilah Berbagai Olahan Kuliner dari Lorjuk, Seafood Khas Pamekasan yang Lagi Viral Aneka makanan olahan berbahan Lorjuk.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Lorjuk atau kerang lorjuk, makanan seafood langka dari Madura ini akhir-akhir viral pasca diupload ke YouTube oleh artis sekelas Dian Sastro, Raffi Achmad, dan Billi Saputra. Lorjuk ternyata tidak hanya bisa dibuat Campor Lorjuk, makanan khas Kabupaten Pamekasan yang mulai diburu para pecinta kuliner.

Lorjuk juga bisa diolah menjadi berbagai makanan, seperti rengginang lorjuk, aci lorjuk, tebus kelor lorjuk, atau telor gabus keju lorjuk, seperti yang diperkenalkan oleh mahasiswa KKN Mandiri Kelompok 14 Universitas Trunojoyo Madura di kantor Desa Pademawu Timur Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan.

(Campor Lorjuk)

Kepala Desa Pademawu Timur, Abu Sidik mengapresiasi olahan makanan berbahan Lorjuk yang digagas oleh mahasiswa KKN Mandiri Kelompok 14 Universitas Trunojoyo Madura di desanya.

Ia berterima kasih atas perjuangan mahasiswa-mahasiswa KKN dalam memberdayakan masyarakat. Pihaknya juga akan mengkaji masukan dari sejumlah mahasiswa terkait inovasi baru berkenaan dengan usaha makanan yang akan dikembangkan.

“Berbagai olahan makanan ini sangat unik, dibungkus dengan cantik dan menarik bagi siapa saja yang datang,” ujarnya, Minggu (13/01/19), saat ditemui di kantor desanya.

Sementara itu Ana Maghfiroh, penggagas ide olahan makanan berbahan lorjuk mengatakan, ide membuat olahan lorjuk muncul setelah dirinya melihat potensi desa Pademawu Timur yang mayoritas penghasilan lautnya melimpah.

"Dengan produk ini saya ingin masyarakat sekitar agar peka terhadap potensi yang dimiliki desa. Lorjuk tak hanya sebatas jadi lauk pauk saja, tapi bisa diinovasikan menjadi makanan yang lebih menarik dan memiliki nilai jual tinggi," pungkasnya. 

Sekadar diketahui, Lorjuk merupakan sejenis kerang bambu atau kerang kuku yang berbentuk kecil dan panjang, yang biasanya banyak ditemukan di pesisir pantai Madura saat air laut sedang surut. Lorjuk biasanya berada di bawah pasir pantai. (err/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO