​Rupiah Bergejolak, Apa Kabar Otomotif Indonesia?

​Rupiah Bergejolak, Apa Kabar Otomotif Indonesia? Elsa Arofah

Oleh: Elsa Arofah*

Indonesia memiliki perkembangan yang cukup menakjubkan pada dunia . Tidak hanya sekadar pernyataan belaka, namun hal ini juga didukung oleh beberapa peneliti yang melakukan analisa terhadap perkembangan yang ada di Indonesia. Bahwa Indonesia merupakan salah satu perkembangan terbesar di ASEAN setelah Thailand. Frost & Sullivan memprediksi Indonesia akan menjadi pasar terbesar di ASEAN pada tahun 2019 dengan total kendaraan mencapai 2,3 juta. Perkembangan ini dipicu oleh pertumbuhan ekonomi Indonesia yang stabil. Peningkatan kelas menengah dan peningkatan investasi sektor serta pemberlakuan regulasi yang mendukung pertumbuhan pasar.

Sektor dapat meningkatkan pendapatan negara dan dianggap penting serta strategis karena memiliki kelebihan-kelebihan. Pengembangan industri akan meningkatkan integrasi nasional sekaligus kedaulatan nasional. Kemampuan produksi sendiri dengan komponen dan pekerja lokal merupakan lambang kemandirian ekonomi. Selain itu industri mampu mendorong pertumbuhan dan perkembangan industri-industri untuk bergerak ke arah teknologi tinggi dan modernisasi. Industri memerlukan teknologi canggih dalam setiap rantai proses perakitannya. Dengan kata lain, industri mendorong pertumbuhan dan perkembangan industri-industri pendukungnya untuk bergerak secara cepat ke arah teknologi tinggi dan modernisasi.

Otomotif mulai berkembang sebagai cabang ilmu seiring dengan diciptakannya mesin mobil dan motor dalam perkembangannya. Mobil dan motor semakin menjadi alat transportasi yang kompleks yang terdiri dari ribuan komponen yang tergolong dalam puluhan sistem dan subsistem. Oleh karena itu, pun berkembang menjadi ilmu yang luas dan mencakup semua sistem.

Penyebab Naiknya Nilai Tukar Rupiah

Perekonomian Indonesia saat ini dinilai kurang baik oleh masyarakat ataupun pemerintah. Karena nilai tukar rupiah yang mengalami kenaikan sepanjang 2018. Ini disebabkan oleh rencana pengurangan stimulus oleh bank sentral Amerika Serikat dan defisit perdagangan. Rencana pengurangan stimulus oleh bank sentral Amerika Serikat (The Fed) menyebabkan investor asing menarik kembali semua dana yang telah mereka investasikan di Indonesia. Selain itu defisit neraca perdangan terus mengalami kenaikan faktor tersebut membuat permintaan dan penawaran terhadap rupiah meningkat. Karena faktor utama yang menetukan kesimbangan nilai tukar mata uang adalah permintaan dan penawaran. Jika permintaan mata uang meningkat maka mata uang akan mengalami apresiasi (penilaian baik atau penghargaan terhadap suatu karya sastra ataupun karya seni). Sebaliknya, jika penawaran mata uang meningkat, maka mata uang akan mengalami depresiasi (penyusutan).

Ada 5 faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran mata uang yaitu di antaranya: tingkat inflasi, tingkat suku bunga, dan tingkat pendapatan suatu negara. Semakin tinggi tingkat inflasi dan pendapatan negara, maka semakin besar mata uang negara mengalami depresiasi karena menyebabkan penawaran mata uang semakin tinggi. Sebaliknya semakin tinggi tingkat suku bunga, maka semakin besar peluang apresiasi mata uang negara karena permintaan uang akan meningkat.

Industri Otomotif

Kenaikan tersebut mengalami dampak yang sangat besar bagi negara Indonesia pada saat ini. Salah satu dampaknya tertuju pada industri negara Indonesia. Pengaruh Industri bagi Indonesia di dalam perekonomian nasional adalah menyediakan angkutan barang dan jasa untuk transportasi, dan membuka lapangan kerja. Data Kementerian Perindustrian menunjukkan, sektor menggunakan tenaga kerja mencapai 1,3 juta orang. Terdiri dari industri perakitan, komponen bengkel, dan nilai jual. Belum lagi bidang industri pendukung, misalnya pendanaan kredit dan asuransi kendaraan. Program strategis yang dilakukan pemerintah dalam menentukan pengembangan industri ke depan adalah mengimbangi kompetisi dan impor kendaraan, khususnya di ASEAN.

Pemerintah menargetkan menjadikan Indonesia sebagai basis industri di kawasan ASEAN. Sebagai pemroduksi alat transportasi industri . Masyarakat telah banyak menggunakan kendaraan bermotor dan mobil. Ini menunjukan perkembangan industri yang pesat di Indonesia, karena telah menjadi kebutuhan transportasi masyarakat. Banyak dari masyarakat yang memiliki tidak hanya satu kendaraan bermotor atau mobil, akan tetapi dua bahkan tiga kendaraan bermotor atau mobil. Keberadaan mobil pada saat ini sudah menjadi kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan lagi. Tingginya kebutuhan akan alat transportasi yang terus meningkat membuat industri khususnya mobil berkembang dengan pesat dan berdampak pada timbulnya persaingan yang ketat untuk menjadi yang terbaik dan menguasai pasar dalam negeri.

Lihat juga video 'SNG Cargo: Warna Baru Industri Logistik di Indonesia':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO