Senin, 25 Maret 2019 09:30

​Diyakini Berada pada Jalur Tepat, Syaikh Al-Azhar Mesir Ibrahim al-Hud Hud Do'akan Jokowi Menang

Sabtu, 29 Desember 2018 12:30 WIB
Editor: Tim
Wartawan: --
​Diyakini Berada pada Jalur Tepat, Syaikh Al-Azhar Mesir Ibrahim al-Hud Hud Do
Prof Dr Ibrahim Shalah al-Hud Hud (nomor 2 dari kanan), ulama besar dan mufti dari Universitas Al-Azhar Kairo Mesir saat mendo'akan Calon Presiden Joko Widodo di Vasa Hotel Jalan Hr Muhammad Surabaya, Kamis pagi (20/12/2018). Tampak Jokowi juga mengamini bersama Wakil Rektor Universitas al-Azhar, Prof. Dr. Ashrof Atiyah Ali al-Badehwi (paling kanan) dan Dr Mauhibur Rochman (nomor 2 dari kiri). Foto: bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Prof Dr Ibrahim Shalah al-Hud Hud, ulama besar dan mufti dari Universitas Al-Azhar Kairo Mesir mendo'akan Calon Presiden Joko Widodo. "Najah...najah...najah," kata Syaikh Ibrahim al-Hud Hud saat bertemu Presiden Jokowi di Vasa Hotel Jl HR Muhammad, Surabaya Kamis pagi (20/12/2018). Najah adalah bahasa Arab yang artinya menang... menang... menang. 

Saat bertemu Jokowi, Syaikh Ibrahim al-Hud Hud yang popular sebagai guru besar balaghah dan kritik sastra Arab itu didampingi Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, pendiri sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto Jawa Timur. Syaikh Ibrahim al-Hud Hud berkunjung ke Indonesia memang dalam rangka memenuhi undangan Kiai Asep terutama untuk mempererat kerja sama dengan Pondok Pesantren Amanatul Ummah. Sebelumnya Kiai Asep juga berkunjung ke Al Azhar Mesir. Karena itu selama lima hari berada di Jawa Timur Syaikh Ibrahim al-Hud Hud bermalam di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet Mojokerto.

(Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA (paling kiri) saat mendampingi Prof Dr Ibrahim Shalah al_Hud Hud bertemu Presiden Jokowi di Vasa Hotel Jalan Hr Muhammad Surabaya, Kamis pagi (20/12/2018). foto: bangsaonline.com)

Syaikh Ibrahim al-Hud Hud dikenal sebagai ulama zuhud. Pada 2015 ia diangkat sebagai Rektor Al-Universitas Azhar. Tapi pada 2017 ketika akan ditetapkan sebagai rektor tetap Universitas Al-Azhar ia malah mengundurkan diri karena ingin fokus menjalani kehidupan zuhud. Kezuhudannya ini semakin mengangkat derajat dan kemasyhuran namanya di dunia internasional.

Dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi itu tampak Wakil Rektor Universitas al-Azhar, Prof. Dr. Ashrof Atiyah Ali al-Badehwi mendampingi Syaikh Ibrahim Al-Hud Hud. Tampak juga Dr Mauhibur Rochman, Rektor Institut KH Abdul Chalim (IKHAC). Gus Muhib, panggilan Mauhibur Rochman, adalah menantu Kiai Asep Saifuddin Chalim.

Kenapa para ulama al-Azhar Mesir mendoakan Jokowi menang? Menurut Syaikh Ibrahim, para syaikh atau ulama Universitas Al Azhar Mesir meyakini bahwa Indonesia dibawah kepemimpinan Jokowi sudah berada pada jalur yang tepat menuju kemakmuran dan keadilan serta kesejahteraan.

Ia juga memuji Indonesia dalam mengelola perbedaan. “Bagi Al Azhar, sikap keberagamaan masyarakat Indonesia yang plural (majemuk), toleran dan menghargai perbedaan dan menerima yang liyan (the others) layak dan harus ditiru oleh masyarakat internasional,” tegas Syaikh Ibrahim yang produktif melahirkan karya ilmiah dan karya sastra.

Karena itu ia mendoakan seluruh rakyat Indonesia semoga selalu berada dalam kebaikan, persaudaraan dan kesejahteraan serta dijauhkan dari konflik dan perpecahan. Ia juga mendoakan agar kepemimpinan Jokowi dapat berlanjut pada periode berikutnya setelah Syaikh Ibrahim mempertimbangkan kebijakan dan sikap Jokowi selama ini.

Syaikh Ibrahim dan Prof Dr Ashrof yang mewakili Universitas Al Azhar menyampaikan terima kasih kepada Kiai Asep yang telah mengundang datang ke Indonesia sehingga bisa difasilitasi bertemu Presiden Jokowi. 

Ia menjelaskan, selama ini pihaknya banyak menjalin kerja sama pendidikan antara Al Azhar dengan Indonesia melalui pesantren dan lembaga pendidikan Bahkan, menurut dia, mahasiswa asing terbanyak di Universitas Al Azhar berasal dari Indonesia.

“Sebanyak 5000 mahasiswa dalam semua jenjang tingkatan seperti Ma'had atau Aliyah, S1 sampai S3. Mereka adalah role model bagi mahasiswa lain dalam sikap, perilaku, etos belajar dan prestasi,” tegasnya.

Mendengar penjelasan Syaikh Ibrahim itu Jokowi mengangguk-angguk. Presiden Republik Indonesia yang kini lagi berjuang untuk menang dalam pemilihan presiden periode kedua itu mengucapkan terima kasih atas kunjungan para syaikh dari Mesir itu. “Indonesia dan Mesir adalah dua negara yang memiliki hubungan persaudaraan panjang mengingat negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia adalah Mesir,” kata Jokowi.

Ia menjelaskan bahwa Indonesia adalah negara luas dan panjang dengan segala keanekaragaman budaya, suku dan bahasa dan didominasi oleh wilayah perairan. “Bahkan butuh 9 jam naik pesawat jika kita menjelajah dari ujung timur Indonesia sampai ujung barat Indonesia,” kata Jokowi menjelaskan betapa luasnya negara Indonesia.

Menurut dia, kemajemukan Indonesia lebih kompleks permasalahannya dan membutuhkan cara khusus serta berkelanjutan dalam menanganinya. Cara khusus itu adalah bagaimana hidup dalam harmoni demi mewujudkan Indonesia yang adil, makmur dan sejahtera.

Ia berharap hubungan antara Indonesia dan Mesir, terutama Al Azhar semakin diperkuat, terutama dalam rangka menyebarkan dan merawat serta memperteguh ajaran Islam yang benar, toleran, tidak berpihak pada radikalisme, dan sikap ekstrem di tengah masyarakat Indonesia.

Menurut dia, perbincangan tentang perlunya menyebarkan Islam yang toleran atau wasathiyyah sudah mulai dilakukan oleh Jokowi dan Grand Syeikh Al Azhar dalam pertemuan di Istana Negara.
Jokowi memohon doa bagi kebaikan masyarakat Indonesia di masa sekarang dan mendatang. Ia juga menyampaikan salam persaudaraan untuk rakyat dan pemerintah Mesir, terutama terima kasih kepada Al Azhar. (tim)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
H. Suparto Wijoyo
Rabu, 20 Maret 2019 10:57 WIB
Oleh: H. Suparto Wijoyo*PAPUA menghadirkan duka pada saat yang nyaris setarikan nafas panjang atas tragedi yang menimpa Jamaah shalat Jumat di Masjid An Noor, Christchurch, Selandia Baru, Jumat 15 Maret 2019. 49 orang tewas akibat pemberondongan...
Sabtu, 23 Maret 2019 12:18 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag29. Walaa taj’al yadaka maghluulatan ilaa ‘unuqika walaa tabsuthhaa kulla albasthi fataq’uda maluuman mahsuuraanDan janganlah kamu jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu dan janganlah kamu terlalu mengul...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...