​Kali Gandong Meluap, Belasan Rumah dan Sawah di Bojonegoro Tergenang Air

​Kali Gandong Meluap, Belasan Rumah dan Sawah di Bojonegoro Tergenang Air Kapolres dan Kasat Lantas saat turun langsung ke lokasi melakukan pengecekan di lapangan.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Jalan poros kecamatan yang menghubungkan Kecamatan Sumberejo dengan Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, tergenang air banjir luapan sungai Gandong, Jumat (28/12/18) siang.

Lokasi jalan yang tergenang itu tepatnya di Desa Pohwates, Kecamatan Sumberejo. Jalan yang tergenang sepanjang kurang lebih 500 meter dengan ketinggian antara 40 centimeter hingga 60 centimeter.

"Banjir disebabkan meluapnya Kali Gandong yang berada di timur jalan," kata Plt Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro Nadif Ulfia.

Selain menggenangi jalan, kata dia, banjir juga menggenangi belasan rumah warga serta areal persawahan. Sedangkan, menurut dia, meluapnya Kali Gandong akibat kurang lebarnya jembatan di bawah rel kereta api di Desa Pohwates, sehingga air tidak mengalir dengan cepat.

"Posisi air masih terus naik. Bila sore ini ditambah air hujan, maka banjir tambah besar," kata Nurcholish, salah seorang warga.

Banjir tersebut membuat aparat Kepolisian Resort (Polres) Bojonegoro juga turun tangan ke lokasi, selain petugas BPBD dan beberapa unsur lainnya. Kapolres dan Kasat Lantas melakukan pengecekan di lapangan.

"Banyak pengendara yang nekad melintas akhirnya mesinnya mati. Kemudian kita lakukan imbauan agar masyarakat lain tidak melintas karena ketinggian air sudah mencapai paha orang dewasa. Kita alihkan jalur menuju Kedungadem dan sebaliknya melalui jalur Pasar Sumberejo ke selatan," papar Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli. (nur/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO