Kamis, 18 April 2019 22:26

​Terima Gelar Doktor HC, Pakde Karwo Teringat Jasa Orang Tua

Kamis, 27 Desember 2018 17:58 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
​Terima Gelar Doktor HC, Pakde Karwo Teringat Jasa Orang Tua
Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo, SH.MM, mendapat ucapan selamat dari Rektor UMM Dr. H. Fauzan, M.Pd, usai menerima gelar Doktor Honoris Causa (HC).

MALANG, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Dr H Soekarwo, SH MH, menerima gelar Doktor Honoris Causa (HC) bidang Pendidikan Vokasi Kerakyatan dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dalam Sidang Terbuka Senat di Dome UMM Tlogomas Malang, Kamis (27/12).

Dalam sambutannya, Pakde Karwo, sapaan Gubernur Jatim ini menjelaskan bahwa pendidikan vokasi menjadi upaya konkret untuk membangun SDM yang terampil dan berkualitas. Sebab menurutnya, SDM menjadi landasan yang kuat untuk kesejahteraan dan daya saing bangsa.

"Dalam menghadapi tantangan zaman yang sejalan dengan kecepatan teknologi di era milenial, harus disiapkan SDM yang handal dan kreatif," jelasnya kepada awak media.

Pakde Karwo menambahkan, sebagai langkah strategis meningkatkan daya saing pada era milenial, yakni dengan membuat terobosan inovatif berupa revitalisasi pendidikan menengah dengan basis pendidikan vokasi.

"Kebijakan pendidikan vokasi saya pilih sebagai basis generasi milenial agar mereka siap menghadapi berbagai tantangan," jelasnya dalam pidato ilmiahnya di depan ketua Dewan Komisioner UMM, Ketua Badan Pembina UMM, serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Timur, termasuk Malang Raya.

Di tengah-tengah pidatonya, Pakde Karwo juga sempat menitikkan air matanya saat mengucapkan terima kasih kepada orang tuanya yang telah mendidiknya selama ini, istri dan anak-anaknya, serta karib kerabatnya.

“Semoga Allah SWT selalu memberikan rahmat dan tempat yang mulia kepada almarhum kedua orang tua saya, Almarhum Bapak Kartodiharjo dan Almarhumah Ibu Dasiyem,” ucapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Muhammadiyah Malang Dr. H. Fauzan, M.Pd, mengungkapkan, penganugerahan gelar doktor honoris causa ini sebagai bentuk apresiasi kepada tokoh dengan karya luar biasa untuk bangsa.

"Inilah cara kami untuk mengimplementasikan visi yang mejadi semangat kami yakni UMM untuk bangsa," ungkapnya saat memberikan sambutan.

Fauzan, menuturkan bahwa Soekarwo sebagai gubernur Jawa Timur yang memiliki banyak prestasi, terutama di bidang pendidikan vokasi. "Dengan gagasan brilian beliau, Jawa Timur sukses mengurangi angka pengangguran khususnya mereka yang lulusan dari sekolah vokasi. Salah satunya dengan terobosan merevitalisasi SMK,” ujarnya.

Berkat kinerja dan gagasannya yang luar biasa tersebut, perkembangan lembaga pendidikan vokasi di Jawa Timur semakin meningkat. Baik di tingkat SMK maupun Perguruan Tinggi.

"Kami ucapkan selamat atas penganugrahan gelar kehormatan kepada Pak De Karwo sebagai salah satu putera bangsa yang telah berkontribusi besar terhadap kemajuan pendidikan vokasi di Jawa Timur," ucapnya.

Turut hadir pada acara penganugerahan gelar tersebut antara lain: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendie, sejumlah kepala daerah di Jatim, beberapa Rektor Universitas Negeri dan Swasta, serta kepala OPD serta ratusan undangan lainnya. (iwa/ian/rev)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 17 April 2019 10:19 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*RABU 17 April 2019 telah beranjak dari gawe demokrasi yang amat besar bagi Republik ini. Pemilu untuk memilih capres-cawapres, caleg DPR RI maupun DPRD dan insan DPD bagi kepentingan kepemimpinan lima tahun mendatang telah usai. ...
Sabtu, 13 April 2019 11:40 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesun...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...