Jelang Natal, Gereja di Sidoarjo Disterillisasi Satsabhara dan Tim Gegana

Jelang Natal, Gereja di Sidoarjo Disterillisasi Satsabhara dan Tim Gegana

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Satsabhara dibantu dengan Tim Gegana Brimob Polda Jawa Timur melakukan sterilisasi sejumlah gereja di Kabupaten Sidoarjo, Senin (24/12).

Sejumlah petugas kepolisian tampak memeriksa semua ruangan yang ada di gereja Katolik Santa Maria Anuntiata di jalan Monginsidi Sidoarjo. Tidak hanya ruangan, namun semua kursi dan bangku jamaah juga diperiksa secara mendetail dengan menggunakan metal detektor. Vas bunga yang menghiasi altar juga diperiksa oleh Tim Gegana Polda Jatim.

Upaya ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada umat Nasrani yang nanti malam mulai beribadah dalam rangkaian misa Natal.

Ipda Suharsono Kanit Sabhara polsek kota Sidoarjo mengatakan, sterilisasi bertujuan untuk mengantisipasi adanya gangguan atau ancaman yang dapat mengganggu jalannya kegiatan perayaan natal. "Semua ini untuk memberikan rasa aman umat Nasrani menjalani ibadah perayaan Natal," ujarnya di sela pelaksanaan sterilisasi di Gereja Katolik Santamaria Anuntiata di jalan Monginsidi Sidoarjo.

Sementara itu P. Sitanggang sie keamanan Paroki Gereja Katolik Santa Maria Anuntiata mengatakan, jauh hari sejak tanggal 22 Desember, gerejanya sudah diperiksa secara menyeluruh dan hari ini diperiksa kembali untuk memastikan kemanan Gereja. "Kita apresiasi upaya yang dilakukan kepolisian untuk membantu pengamanan gereja. Semoga besok saat misa Natal berjalan lancar tanpa ada gangguan," ujarnya.

Setelah melakukan pemeriksaan di gereja Katolik Santa Maria Anuntiata, petugas bergeser ke gereja GKI jalan Trunojoyo dan Betesdha jalan Untung Suropati. Di tempat tersebut juga dilakukan pemeriksaan di seluruh sudut ruangan gereja.

Di Kabupaten Sidoarjo terdapat 80 gereja yang tersebar di 18 kecamatan. Pengamanan perayaan Natal tidak hanya dilakukan oleh petugas kepolisian saja namun juga melibatkan unsur TNI, Satpol PP, Banser, Ansor, dan organisasi kepemudaan. (cat/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO