Pembangunan Sirkuit dan Parkir SGRP Pamekasan Miliki Banyak Dampak Positif

Pembangunan Sirkuit dan Parkir SGRP Pamekasan Miliki Banyak Dampak Positif Kepala Dispora Kabupaten Pamekasan Ir. Mohammad M.M.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Kompetisi sepak bola Gojek Liga 1 Indonesia baru saja berakhir. Tidak terlepas pula, club Madura United (MU) juga menjadi salah satu club peserta kompetisi liga profesional tersebut. Dari 18 kali laga home MU, tercatat 14 kali dilakukan di Stadion Gelora Ratu Pamellingan (SGRP) Kabupaten Pamekasan yang berada di Desa Ceguk, Kecamatan Tlanakan, dan selebihnya di Stadion Gelora Bangkalan.

Terbukti, laga home ini memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Madura, khususnya Pamekasan. Menurut kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Pamekasan, Ir Mohammad M.M, laga home sepak bola itu telah menggerakkan geliat sektor perekonomian masyarakat di semua level. Masyarakat memperoleh manfaat positif dengan semakin banyaknya permintaan kaos tim, sponsorship, penjualan souvenir dan lain sebagainya.

"Sementara itu, gelaran ini juga telah menyumbangkan manfaat positif bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Pamekasan dalam bentuk peningkatan PAD, baik dari segi penerimaan sewa stadion maupun retribusi lainnya seperti parkir," tutur dia, Jumat (22/12).

Seperti diketahui, pada tahun 2018 ini, Pemerintah Kabupaten Pamekasan melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga telah menganggarkan kegiatan pengembangan sirkuit dan lahan parkir di SGRP. "Dan alhamdulillah, kegiatan ini telah selesai dibangun dan digunakan semenjak beberapa bulan sebelumnya," ungkap dia.

Pengembangan lahan sirkuit ini juga telah membuka lahan pengembangan baru bagi pengelolaan parkir kendaraan di SGRP terutama pada saat berlangsungnya liga. "Terbukti bahwa jumlah kendaraan baik R4 maupun R2 semaksimal mungkin diupayakan untuk parkir dan tertampung di depan halaman stadion," ujar Mohammad saat ditemui di kantornya.

Khusus pengelolaan parkir, memang perlu dilakukan penambahan beberapa fasilitas parkir berupa portal, barikade pembatas atau traffic cone dan tenda-tenda parkir sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pemilik kendaraan. Jika ini dikelola dengan baik dan benar, maka akan memberikan dampak positif dalam pengelolaan stadion ke depan, sehingga semua aktivitas kegiatan di area sport centre ini bisa berjalan baik.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO