​Sosialisasikan Pemilu, KPU Jatim Gelar Lomba Cerdas Cermat Kepemiluan

​Sosialisasikan Pemilu, KPU Jatim Gelar Lomba Cerdas Cermat Kepemiluan KPU Jatim bekerjasama dengan LP Ma'arif menggelar Lomba Cerdas Cermat (LCC) Kepemiluan untuk tingkat SMA dan sederajat. foto: DIDI ROSADI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur melakukan sejumlah upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu yang berlangsung 17 April 2019 mendatang. Satu di antaranya dengan mengadakan Lomba Cerdas Cermat (LCC) bertemakan pemilu yang diikuti peserta untuk SMA se-derajat, yang merupakan pemilih pemula.

Komisioner , Gogot Cahyo Baskoro menjelaskan bahwa LCC tersebut digelar atas kerja sama KPU dengan pihak Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Jawa Timur. LP Ma'arif merupakan lembaga pelaksana kebijakan pendidikan di Nahdlatul Ulama (NU).

Berada di Kantor yang berlokasi di Surabaya, sekitar 180 siswa dan beberapa guru pendamping ikut serta dalam acara yang berlangsung sejak pagi ini. "Mereka berasal dari sekolah-sekolah di Jatim yang bernaung di bawa LP Ma'arif," kata Gogot ketika ditemui di sela LCC, Jumat (21/12).

Pria yang membawahi Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat ini menjelaskan bahwa acara ini menjadi strategi pihaknya dalam sosialiasi dan pendidikan pemilih, khususnya bagi pemula dan sederajat.

"Kami mencoba melakukan sosialisasi berbeda dengan sosialisasi-sosialisasi sebelumnya. Biasanya, kami cenderung tatap muka atau pertemuan tertutup," kata Gogot menambahkan.

Dengan dilaksanakannya LCC tersebut, para peserta dapat menjadi agen sosialisasi penyelenggaraan pemilu. "Kami berharap mereka bukan hanya paham pemilu, namun juga dapat mengajak pemilih yang lain untuk terlibat aktif dalam menggunakan hak pilihnya," kata Gogot.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO