Khofifah Jajaki Produksi Motor Pintar Gogoro Taiwan untuk Diterapkan di Jawa Timur

Khofifah Jajaki Produksi Motor Pintar Gogoro Taiwan untuk Diterapkan di Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjajal sepeda motor listrik Gogoro Smartscooter di pabriknya di Taipei, Taiwan. foto: ist

TAIPEI, BANGSAONLINE.com - Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur terpilih periode 2019-2024 berharap besar kampus teknik yang ada di Jawa Timur termasuk ITS dan Politeknik Negeri Madura tak kalah untuk bisa menghasilkan teknologi aplikatif yang ramah lingkungan dan hemat energi di Jawa Timur. 

Hal itu disampaikan usai mengunjungi perusahaan pembuat motor listrik cerdas Gogoro Smartscooter di Taipei, , Jumat (21/12). Kunjungan itu merupakan bagian dari navigasi program menjelang dilantiknya dan Emil Dardak pada bulan Februari 2019 mendatang. 

Berdasarkan rilis yang diterima, yang juga didampingi oleh Tim Navigasi Program melakukan penjajakan dan belajar bagaimana perusahaan ini bisa sukses memproduksi motor listrik Gogoro Smartscooter yang banyak digunakan masyarakat dalam rangka hemat energi dan peduli lingkungan, yang harapannya ke depan bisa turut diterapkan di Jawa Timur. 

Bagaimana tidak, Gogoro Smartscooter ini memiliki sejumlah keunggulan. Salah satunya, sistem penggantian dan pengisian baterai yang sangat cepat. Hanya butuh enam detik bagi pengguna Gogoro Smartscooter yang kehabisan baterai untuk mengganti dengan baterai yang sudah penuh dan siap pakai. 

"Kita harus melompat untuk memikirkan bagaimana menjaga supaya polusi di daerah kita tetap rendah, bagaimana lingkungan bersahabat bagi masyarakatnya dan bagaimana kendaraan tidak menimbulkan bising. Nah ternyata teknologi dan kemampuan luar biasa itu menjawab masalah ini," kata sembari menjajal motor Gogoro Smartscooter. 

Selama kunjungan ke perusahaan Gogoro Smartscooter itu dijelaskan penerapan teknologi motor listrik yang digunakan industri ini. Motor listrik ini membuatkan engine motor listrik dan juga stasiun pengisian baterai yang disebut dengan Go Station. 

Di masing-masing stasiun pengisian baterai itu, tersedia baterai motor yang sudah siap pakai dan sudah diisi ulang penuh. Pengguna motor listrik yang kehabisan baterai cukup melacak Go Station terdekat dan datang ke sana. 

Untuk mengganti baterai, pengguna motor listrik 120 cc itu cukup melepaskan dua buah baterai yang ada di dalam motornya. Kemudian dua baterai itu dimasukkan ke dalam lubang-lubang charger baterai yang ada di Go Station. Oleh sistem, baterai itu akan diterima dan dilakukan pengisian daya. Sebagai gantinya, pengguna motor listrik Gogoro diberikan dua buah baterai yang sudah penuh dan sudah siap pakai untuk Gogoro Smartscooter.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO