BPS: Pengangguran di Lamongan Didominasi Lulusan SMK

BPS: Pengangguran di Lamongan Didominasi Lulusan SMK Kepala BPS Lamongan saat menyampaikan laporan kepada Bupati.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lamongan menyampaikan ke publik terkait keadaan Ketenagakerjaan Kabupaten Lamongan jika Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) turun di tahun 2018 ini.

"Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada tahun 2018 ini turun sebesar 0,95 poin persen dalam persentasenya dari 4,12 persen menjadi 3,17 persen dibanding Agustus 2017," ujar Kepala Badan Pusat Kabupaten Lamongan Sri Kadarwati, S.Si., M.T., Selasa (18/12).

Sementara untuk penduduknya diketahui bekerja pada 9 (sembilan) sektor Lapangan Usaha Utama yang juga mengalami kenaikan kecuali pada sektor Pertanian, Sektor Industri, Sektor Konstruksi, dan Sektor Transportasi, Pergudangan dan Komunikasi.

Dijelaskan Sri Kadarwati jika ditinjau dalam klasifikasi pendidikanya, sebagian besar pekerja pendidikannya masih rendah yakni (SD ke bawah) yaitu 245,43 ribu orang (39,93 persen). Sedangkan pekerja dengan pendidikan tinggi Diploma ke atas hanya sekitar 60,90 ribu orang (9,91 persen). Selebihnya adalah pendidikan menengah atas dan kejuruan.

Sementara untuk pengangguran terbanyak dilihat dari pendidikan tertinggi yang ditamatkan adalah pengangguran dengan pendidikan Diploma I/II/III dengan TPT sebesar 14,23 persen dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan TPT sebesar 9,96 persen. Sedang yang terendah adalah penganggur dengan pendidikan SMP yaitu sebesar 1,13 persen.

Sri Kadarwatii menambahkan, jumlah pengangguran pada tahun 2018 berkurang sekitar 6,15 ribu orang dibanding tahun 2017 lalu. Untuk komposisi pengangguran didominasi oleh lulusan SMK, Diploma dan universitas. Sama dengan tahun 2017 lalu, jumlah penganggur lulusan SMK paling besar dan pengangguran terbanyak berikutnya adalah lulusan diploma dan universitas.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO