​Survei TII: Jokowi-Ma'ruf Kalahkan Prabowo-Sandi di Jatim

​Survei TII: Jokowi-Ma The Initiative Institute (TII) merilis survei dengan tema Jawa Timur sebagai Penentu Pilpres 2019. Dalam acara itu hadir Gubernur Jatim terpilih, Khofifah Indar Parawansa dan Politisi Partai Golkar, Mukhammad Misbakhun. Foto: DIDI ROSADI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pasangan Capres - Cawapres nomor urut 01, Jokowi-KH Ma'ruf Amin mengalahkan elektabilitas pasangan Capres - Cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto - Sandiaga Uno. Fakta itu terungkap dari rilis yang publikasikan The Initiative Institute (TII).

Survei yang dilakukan oleh The Initiative Institute dilakukan pada tanggal 10 sampai 18 Oktober 2018 di 555 desa di Jatim, dengan responden 5.500. Hasil dari survei itu, pasangan no urut 01 elektabilitasnya mencapai 57,7%, sedangkan pasangan no urut 02 elektabilitasnya 19,7%.

"Dari hasil tersebut, sebanyak 21,01% responden masih ragu-ragu dalam menentukan pilihan. Dan 1,5 % responden tidak mau menjawab," ujar Hari Fitrianto, peneliti The Initiative Institute di sela pemaparan hasil Survei yang dihadiri politikus Golkar Mukhammad Misbakhun dan Gubernur Jatim terpilih Khofifah Indar Parawansa.

Menurut Hari, dari data elektabilitas tersebut, perolehan suara pasangan Jokowi-KH Ma'ruf Amin hampir merata alami kemenangan di Jatim. Sedangkan pasangan Prabowo - Sandiaga Uno hanya unggul di Madura.

"Untuk kawasan Madura yang memiliki 4 Kabupaten, Pasangan Prabowo - Sandi elektabilitasnya mencapai 43% sedangkan pasangam Jokowi - KH Ma'ruf Amin 20,3%. Sedangkan 36,5 % masih ragu-ragu untuk memilih," terangnya.

Sementara itu, Jokowi – Ma’ruf menguasai tiga wilayah yakni Arek, Pandalungan, dan Mataraman. Untuk wilayah Arek (Surabaya, Sidoarjo, kab/kota Malang, Kota Batu, Mojokerto, Jombang, Lamongan, dan Gresik). Di wilayah tersebut, elektabilitas Jokowi-Ma’ruf mencapai 72,2%. Sebaliknya, Prabowo – Sandi hanya 17,5%. Responden yang masih ragu-ragu sangat kecil di wilayah ini, yakni 10,3%.

Di wilayah Pandalungan (Pasuruan, Probolinggo, Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Lumajang dan Jember) elektabilitas Jokowi-Ma’ruf mencapai 51,7%. Sikap ragu-ragu lebih tinggi yakni 27,8% daripada elektabilitas Prabowo-Sandi yang hanya 20,5%.

“Kalau wilayah Mataraman sangat jauh selisihnya yakni Jokowi-Ma’ruf elektabilitasnya 60,2%, sementara Prabowo-Sandi 17,4%,” imbuh Hari.

Lihat juga video 'BERITA VIDEO: Tuntut Pilpres 2019 Ada Calon Independen, Inilah Sosok yang Diusung "Tikus Pithi"':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO