Selasa, 15 Juni 2021 04:16

Dikuti 40 Negara, MTQ Internasional Dihibur Maher Zain, Erwin Gutawa, Wali

Selasa, 23 September 2014 13:20 WIB
Dikuti 40 Negara, MTQ Internasional Dihibur Maher Zain, Erwin Gutawa, Wali
Gubernur Sumatera Selatan Palembang Alex Noerdin saat membuka MTQ Internasional di Palembang, Senin (23/9/2014). Foto: liputan6

PALEMBANG(BangsaOnline) Erwin Gutawa dan sejumlah artis dalam dan luar negeri bakal memeriahkan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Internasional. "Mereka, para artis, akan berdakwah dengan caranya lewat lagu maupun irama," kata Ketua Panitia MTQ Achmad Najib, Selasa, 23 September 2014.

Artis dari Jakarta yang bakal tampil adalah Opick, band Wali, dan Bimbo. Panitia memastikan penyanyi asal Swedia, Maher Zain, bakal hadir. Acara akan dipandu Maudy Koesnaedi dan Ferdi Hassan. Panitia juga akan menggelar tarian massal bernuasa Islam dan Melayu dalam ajang yang berlangsung pada 23-27 September 2014.

Selasa, 23 September 2014 malam ini, Wakil Presiden Boediono akan membuka MTQ Internasional di Sport and Convention Centre (PSCC), Palembang. Acara lomba ini diikuti peserta dari 40 negara dari empat benua.

Arena perlombaan dan pembukaan hampir rampung 100 persen. Hanya saja masih terlihat beberapa orang saja yang masih disibukkan dengan kegiatan mengatur peralatan suara dan pencahayaan.

Di dalam arena terlihat rumah joglo yang akan difungsikan sebagai tempat para qori dan qoriah serta hafiz dan hafizah melantunkan ayat suci di hadapan Dewan Juri.

Sebelumnya diberitakan, KH Said Agil Husin Almunawar dipastikan memimpin dewan hakim Musabaqah Tilawatil Quran Internasional di Palembang, 23-27 September. Said Agil akan didampingi dewan hakim seperti Tan Sri Datuk Haji Hassan bin Haji Azhari dari Malaysia, Syeikh Abdur Rasyid Syeikh Ali Shufi dari Qatar, serta beberapa orang ulama lainya dari berbagai negara di dunia.

Wakil Ketua Panitia MTQ Richard Chahyadi mengatakan penunjukan dewan hakim merupakan kewenangan panitia pusat. Dewan hakim akan dilantik Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. "Dewan hakim ini merupakan ulama yang benar-benar menguasai ilmu Alquran dan berpengalaman dalam MTQ," kata Richard, Senin, 22 September 2014. 

Menurut Richard, dewan hakim berwenang mengecek dan mengevaluasi persiapan dan penilaian sebelum pelaksanaan MTQ International 2014. Seperti peralatan lampu, teknis penilaian, perlengkapan, formulir penilaian, dan sebagainya. Dia mencontohkan, Said Agil terbilang sangat berpengalaman dalam ajang serupa baik di tingkat nasional maupun intenasional. "Dari sekarang sebenarnya mereka sudah bekerja untuk kesuksesan MTQ di Palembang."

Ketua panitia MTQ, Achmad Najib, menjelaskan dewan hakim diisi orang yang sudah tidak asing lagi dalam ajang MTQ tingkat dunia. Di antaranya Tan Sri Datuk Haji Hassan bin Haji Azhari dari Malaysia, Syeikh Abdur Rasyid Syeikh Ali Shufi dari Qatar, Fakhrudin Yusuf dari Indonesia, Yusnar Yusuf dari Indonesia, Syeikh Dr Salim bin Ghormallah bin Muhammad Azzahrani dari arab saudi, Syeikh Sayid Ali Abdul Majjid Abduss sammi dari Mesir, Syeihk Dr Samih Ahmad Kholid Athamneh dari Yordania serta Awang Haji Abdur Rajid Haji Muhammad Shaleh dari Brunai Darussalam.

Achmad menambahkan saat ini hampir sebagian besar peserta, dewan hakim, dan perlengkapan penunjang MTQ sudah berada di Palembang. Khusus peserta, Najib memperkirakan paling lambat pada Senin malam mereka sudah tiba di hotel tempat menginap. Pembukaan MTQ Internasioanl ini akan dihadiri langsung oleh Wakil Presiden Boediono.

Sebelumnya juga diberitakan, pPada hari pertama, Gubernur Sumsel Alex Noerdin hadir dan meresmikan Pameran Expo Islami dan Pagelaran Seni Daerah MTQ Internasional 2014. Di mana ada 91 stand produk Unit Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sumsel yang ikut meramaikan even internasional Islami perdana di pulau Sumatera.

"Sudah ada 37 negara peserta yang hadir dan 3 negara lainnya mungkin akan tiba malam ini di Palembang. Dari 53 negara yang kita undang, hanya 40 negara peserta yang bisa hadir," kata Alex Noerdin dalam sambutannya pada pembukaan Pameran Expo MTQ Internasional di PSCC, Senin (22/9/2014).

BACA JUGA : 

Bupati Tamam: MTQ Jatim 2021 dan Pilkades Serentak Bisa Gerakkan Ekonomi Pamekasan

Bisnis Pembuatan Bantal Leher Tembus Palembang, Meski Omzet Turun karena Covid-19

​Disambut Hangat Gubernur Sumsel, Kiai Asep Berharap Palembang Jadi Pusat Pendidikan Nasional

Raih Prestasi Nasional, Gubernur Khofifah Beri Bonus Uang dan Laptop Peserta dan Pembina MTQ

Beberapa negara yang ikut hadir dalam kegiatan ini di antranya Malaysia, Brunai Darussalam, Kuwait, Belgia, Saudi Arabia, Mesir, Amerika, Indonesia, Qatar dan lainnya. Acara yang digelar selama 22-27 September 2014 ini juga dihadiri Wapres Budiono.

Wapres Budiono tiba sekitar pukul 14.00 WIB di Palembang dan disambut langsung oleh Alex Noerdin. Pada pukul 19.00 WIB, Budiono langsung membuka even MTQ Internasional.

Sementara Ketua Dewan Hakim MTQ Internasional Anis Saggaf menambahkan, setiap negara minimal mengirimkan 3 peserta yang terdiri dari Qori, Qori-ah dan Hafidz Alquran. "Kita nanti akan menilai masalah kualitas bacaan, lagu, tajwid, dan lainnya. Ada 18 orang dewan hakim dari 12 negara, di antaranya Indonesia, Mesir, Kuwait, Qatar," jelas Anis.


Selain itu, panitia juga sudah mendapatkan kepastian dari negara peserta, seperti Maroko, Mesir, Palestina, Filipina, Rusia, Singapura, Sudan, Tanzania, Thailand, Timor Leste, Tunisia, Turki, Uganda, Uni Emirat Arab, Yordania, Libanon, Jerman, Tiongkok, Kongo, Prancis, Ghana, Guinea, India, Inggris, Iran, serta Kroasia.

Sumber: tempo.co.id
Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Senin, 14 Juni 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Membentak dan memarahi ternyata tak selalu jelek. Kadang justru bisa mengubah sejarah. Atau mencipta sejarah.Inilah yang terjadi antara Chairul Saleh dan Mochtar Kusumaatmadja. Saat perjuangan kemerdekaan RI. Ta...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...