​Pemprov Jatim Jajaki Kerja Sama Penanganan Bencana dengan Prefektur Osaka Jepang

​Pemprov Jatim Jajaki Kerja Sama Penanganan Bencana dengan Prefektur Osaka Jepang Pemprov Jatim jajagi kerja sama penanganan bencana dengan Prefekture Osaka, Jepang.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur menjajaki kerja sama penanggulangan bencana (disaster management) dengan Prefektur Osaka, Jepang. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Humas dan Protokol Aries Agung Paewai, S.STP, MM di kantornya, Selasa (10/12).

Menurut Aries, kerja sama tersebut dirasa penting mengingat Pemerintah Jepang sangat berpengalaman dalam melakukan penanggulangan bencana. Meski sering dilanda bencana, mulai gempa bumi, tsunami, hingga angin topan, namun bencana tersebut relatif tidak membawa banyak korban.

"Itu karena, penanganan kebencanaan di Jepang sudah menjadi bagian dari budaya. Sehingga ketika terjadi bencana, masyarakat Jepang sudah tahu tindakan apa yang harus mereka lakukan," jelas Aries.

Langkah memulai kerja sama, menurut Aries, akan dilakukan dengan mengundang beberapa guru atau trainer untuk mengajar pendidikan kebencanaan di sekolah-sekolah di Jawa Timur. Langkah tersebut bisa dikata meniru pola yang dilakukan di sekolah-sekolah di Jepang. Mereka mengajarkan pendidikan disaster manajemen melalui kurikulum tersendiri.

"Disaster management sudah menjadi bagian dari kurikulum pendidikan yang diajarkan di sekolah-sekolah di Jepang", ujar Aries.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO