​Dhoho Street Fashion akan Segera Digelar Kembali

​Dhoho Street Fashion akan Segera Digelar Kembali Dhoho Street Fashion 2018: Desainer Didiet Maulana dan Lenny Agustin Gelar Fashion Show Jalanan di Kota Kediri.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Kediri akan kembali menggelar Dhoho Fashion Street 2018 pada Selasa (besok), 13 Desember 2018 di Taman Sekartaji, Kota Kediri. Ini adalah event tahunan yang telah berlangsung sejak 2014. Konsep dari Dhoho Street Fashion memadukan fashion show jalanan di area terbuka dengan mengundang desainer busana nasional kenamaan.

Gelaran ke empat kali ini mengusung tema “Warisan Agung Panji Sekartaji”. Panji Sekartaji merupakan sebuah epos yang lahir pada masa kejayaan Kerajaan Kadiri dengan ibukota Dhaha (yang kini diambil menjadi nama jalan, Jl. Dhoho di pusat Kota Kediri). Panji Asmoro Bangun dan Dewi Sekartaji merupakan tokoh utama dalam epos tersebut.

Sebagai legenda, kisah ini cukup mengakar di masyarakat Kota Kediri melalui seni tradisional Jaranan. Cerita Panji juga berkembang dan telah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia dan dunia. Pada 31 Oktober 2017, Cerita Panji ditetapkan oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sebagai “Ingatan Dunia” atau Memory of the World (MoW).

Epos ini akan ditampilkan di runway dengan menghadirkan dua desainer kenamaan Didiet Maulana dan Lenny Agustin untuk menafsirkan kisah tersebut melalui rancangan busananya. Didiet Maulana akan menampilkan busana berbahan tenun ikat yang merupakan produk unggulan Kota Kediri dan Lenny Agustin akan menampilkan busana berbahan batik karya perajin Kota Kediri. Masing-masing desainer akan menampilkan 24 karya. 

Sementara talenta desainer lokal Kota Kediri juga akan ikut memeriahkan Dhoho Street Fashion 2018 antara lain Desty Rachmaning, Ahmad Qosim, Numansa, dan SMK N 3 Kediri. 

“Event ini adalah bagian dari upaya kami mengangkat nilai (value) tenun ikat Kota Kediri, konsep Warisan Agung Panji Sekartaji adalah bagian dari konten marketing. Kami percaya pemasaran modern saat ini adalah membangun cerita dibalik sebuah produk atau story-telling” kata Ketua Dewan Kerajian Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar. 

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO