Minggu, 21 April 2019 06:24

​Tersesat di Hutan, Penyelamatan ODGJ di Blitar Berlangsung Dramatis

Kamis, 06 Desember 2018 17:38 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Akina Nur Alana
​Tersesat di Hutan, Penyelamatan ODGJ di Blitar Berlangsung Dramatis
Para petugas saat mengevakuasi ODGJ dari tengah hutan.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Seorang wanita penderita gangguan jiwa ditemukan petugas menggigil kedinginan di hutan yang masuk wilayah Desa Gadungan, Kecamatan Gandusari, Blitar. Keberadaan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di hutan ini, pertama kali diketahui oleh warga setempat yang hendak mencari rumput.

Mendengar ada suara rintihan kedingingan, warga pun mendekat ke lokasi penderita gangguan jiwa itu berada. Warga yang bingung harus berbuat apa kemudian melaporkan kejadian ini ke polisi.

"Awalnya ada warga setempat yang sedang mencari rumput mengetahui keberadaan wanita yang diketahui menderita gangguan jiwa ini. Temuan ini kemudian dilaporkan ke polisi," ungkap Kasubag Humas Polres Blitar Iptu Muhamad Burhanudin, Kamis (6/12/2018).

Tak lama setelah menerima laporan, petugas gabungan dari TNI dan Polri datang untuk mengevakuasi korban dibantu warga dan aparat desa setempat.

Petugas sempat kesulitan mengevakuasi korban karena medan yang sulit. Korban berada persis di dalam semak-semak sementara di sekelilingnya terdapat bebatuan besar yang licin akibat guyuran hujan.

"Karena medan cukup sulit, petugas mengalami kesulitan saat akan mengevakuasi korban. Beruntung korban tidak berontak dan pasrah ketika diselamatkan petugas dengan cara membopong mennggunakan bambu," jelasnya.

Setelah dievakuasi petugas, kemudian memberi makan penderita gangguan jiwa yang tak diketahui asalnya ini. Sejumlah petugas kesehatan juga didatangkan untuk memeriksa kondisi korban.

Petugas kini sedang berkoordinasi dengan Dinas Sosial, untuk penanganan lebih lanjut terhadap wanita penderita gangguan jiwa ini. Pasalnya, penderita gangguan jiwa ini tidak bisa diajak berkomunikasi.

"Setelah dari Puskesmas, nantinya akan dikoordinasikan dengan Dinas Sosial Kabupaten Blitar," pungkasnya. (ina/ian)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Yogi Indra Pratama
Jumat, 19 April 2019 21:53 WIB
Oleh: Yogi Indra Pratama, ST.,MT.*Istilah golput atau golongan putih pertama kali muncul pada tahun 1971. Pada masa itu, golput merupakan suatu bentuk gerakan protes yang dikumandangkan oleh pemuda dan mahasiswa dengan datang ke TPS untuk mencob...
Jumat, 19 April 2019 22:40 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesung...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...