Rabu, 19 Juni 2019 06:50

​Tersesat di Hutan, Penyelamatan ODGJ di Blitar Berlangsung Dramatis

Kamis, 06 Desember 2018 17:38 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Akina Nur Alana
​Tersesat di Hutan, Penyelamatan ODGJ di Blitar Berlangsung Dramatis
Para petugas saat mengevakuasi ODGJ dari tengah hutan.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Seorang wanita penderita gangguan jiwa ditemukan petugas menggigil kedinginan di hutan yang masuk wilayah Desa Gadungan, Kecamatan Gandusari, Blitar. Keberadaan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di hutan ini, pertama kali diketahui oleh warga setempat yang hendak mencari rumput.

Mendengar ada suara rintihan kedingingan, warga pun mendekat ke lokasi penderita gangguan jiwa itu berada. Warga yang bingung harus berbuat apa kemudian melaporkan kejadian ini ke polisi.

"Awalnya ada warga setempat yang sedang mencari rumput mengetahui keberadaan wanita yang diketahui menderita gangguan jiwa ini. Temuan ini kemudian dilaporkan ke polisi," ungkap Kasubag Humas Polres Blitar Iptu Muhamad Burhanudin, Kamis (6/12/2018).

Tak lama setelah menerima laporan, petugas gabungan dari TNI dan Polri datang untuk mengevakuasi korban dibantu warga dan aparat desa setempat.

Petugas sempat kesulitan mengevakuasi korban karena medan yang sulit. Korban berada persis di dalam semak-semak sementara di sekelilingnya terdapat bebatuan besar yang licin akibat guyuran hujan.

"Karena medan cukup sulit, petugas mengalami kesulitan saat akan mengevakuasi korban. Beruntung korban tidak berontak dan pasrah ketika diselamatkan petugas dengan cara membopong mennggunakan bambu," jelasnya.

Setelah dievakuasi petugas, kemudian memberi makan penderita gangguan jiwa yang tak diketahui asalnya ini. Sejumlah petugas kesehatan juga didatangkan untuk memeriksa kondisi korban.

Petugas kini sedang berkoordinasi dengan Dinas Sosial, untuk penanganan lebih lanjut terhadap wanita penderita gangguan jiwa ini. Pasalnya, penderita gangguan jiwa ini tidak bisa diajak berkomunikasi.

"Setelah dari Puskesmas, nantinya akan dikoordinasikan dengan Dinas Sosial Kabupaten Blitar," pungkasnya. (ina/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Jumat, 31 Mei 2019 21:16 WIB
Penulis: Nabrisi Rohid*Tahapan Pemilu 2019 sudah berjalan lebih dari setahun. Pada 21 Mei 2019 dini hari, KPU telah menetapkan pemenang dalam Pemilu tahun ini. Setelah itu, muncullah berbagai gerakan untuk menolak hasil Pemilu. Gerakan tersebut dikem...
Minggu, 09 Juni 2019 23:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag53. Waqul li’ibaadii yaquuluu allatii hiya ahsanu inna alsysyaythaana yanzaghu baynahum inna alsysyaythaana kaana lil-insaani ‘aduwwan mubiinaan.Dan katakanlah kepada hamba-hamba-Ku, “Hendaklah mereka mengu...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Sabtu, 08 Juni 2019 16:07 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...